Sukses

Food

Tak Hanya Sehat, 7 Makanan Ini Bisa Membuatmu Bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat merasa sedih, mungkin yang terpikirkan olehmu untuk membangkitkan mood dan perasaan senang adalah aktivitas menyenangkan seperti mendengarkan lagu, menonton film, atau lainnya. Namun ternyata mengonsumsi makanan tertentu mampu membangkitkan mood lho. Terjadi demikian karena saat menyangkut perasaan dan makanan, otak dan tubuh berjalan beriringan.

Studi menunjukkan makanan tertentu dapat meningkatkan serotonin dalam otak yang merupakan hormon bahagia. Melansir dari Eat This, Not That berikut makanan yang bisa membuatmu bahagia.

1. Cokelat Hitam

Cokelat adalah salah satu makanan yang disukai banyak orang, termasuk dark chocolate atau cokelat hitam. Makanan ini juga termasuk makanan yang dapat meningkatkan mood dan perasaan bahagia. Ada kandungan utama dalam cokelat hitam yaitu asam amino yang memproduksi serotonin si hormon bahagia dan dopamin sebagai antidepresan. Inilah mengapa cokelat hitam memberi dorongan instan dalam suasana hati dan konsentrasi.

2. Kopi

Minuman populer yang disukai banyak orang ini dapat meningkatkan mood dalam tiap tegukannya. Penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara signifikan dapat menurunkan risiko depresi. Studi lainnya juga mengatakan kopi secara signifikan mampu meningkatkan suasana hati.

3. Kepiting

Mengonsumsi kepiting ternyata berpengaruh pada pengendalian emosi seperti marah dan sedih dalam jangka panjang. Makanan laut yang tinggi zat besi ini membantu untuk meningkatkan suasana hati bahkan beberapa detik setelah suapan pertama lho.

4. Ikan Berlemak

Asam lemak omega 3 adalah sekelompok lemak yang berpengaruh pada suasana hati baik. Lemak baik ini dapat ditemukan pada ikan tuna dan salmon. Melansir dari Health Line, penelitian menunjukkan bahwa kandungan omega pada ikan berlemak dapat menurunkan risiko depresi.

5. Jeruk

Tak hanya sehat dan kaya vitamin C, jenis buah-buahan jeruk ternyata mampu meningkatkan suasana hati baik. Bahkan dalam penelitian ditemukan bahwa jeruk dapat menurunkan risiko depresi.

6. Pisang

Meningkatkan suasana hati tak selalu dengan makanan tinggi gula. Buah sehat seperti pisang pun bisa. Pisang memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati karena mengandung vitamin B6 yang mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Saat merasa sedih namun sedang diet, cobalah mengonsumsi pisang sebagai alternatif menu makanan.

7. Alpukat

Buah dengan tekstur lembut ini mengandung nutrisi seperti kolin yang digunakan tubuh untuk mengatur sistem saraf dan suasana hati. Karena itulah mengonsumsi alpukat dapat membuatmu bahagia. Studi tahun 2020 menemukan bahwa lemak sehat dalam alpukat dikaitkan dengan penurunan kecemasan pada perempuan. Selain itu buah yang kaya akan vitamin B ini dapat menurunkan stres.

Selain beberapa jenis makanan di atas, meningkatkan mood dapat dilakukan dengan olahraga, tidur cukup, dan kelola stres. Perhatikan menu makanan dan aktivitas menyenangkan karena kebahagiaan sama pentingnya seperti kesehatan.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading