Sukses

Food

Apa Itu Ogura Cake? Simak Penjelasan dan Resepnya di Sini

Fimela.com, Jakarta Roti merupakan salah satu jenis makanan yang disukai banyak orang hampir di seluruh dunia. Bahkan di sebagian daerah, roti dijadikan sebagai makanan pokok. Sementara di Indonesia sendiri roti hanya dijadikan sebagai camilan.

Meskipun begitu, roti tetap menjadi makanan favorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Ada banyak sekali jenis roti yang dibuat di Indonesia bahkan dijadikan makanan khas di beberapa daerah.

Di negara tetangga yaitu Malaysia, ada pula roti yang menjadi makanan khas dari sana dan cukup populer di Indonesia, yaitu Ogura Cake. Meskipun namanya seperti istilah dalam bahasa Jepang, namun roti ini merupakan roti khas dari Malaysia.

Roti ini memiliki tekstur yang sangat lembut, bahkan dianggap mirip dengan roti lainnya yang sudah lebih dulu populer di Indonesia yaitu Chiffon Cake. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Chiffon Cake dipanggang dengan loyang khusus yang menghasilkan lubang di bagian tengah roti yang kemudian menjadi ciri khas Chiffon Cake. Berbeda dengan Ogura Cake yang tidak memiliki lubang di tengahnya.

Namun sebenarnya apa itu Ogura Cake? Jika berasal dari Malaysia, mengapa namanya mirip seperti istilah dari Jepang? Yuk simak penjelasan beserta resepnya berikut ini.

Apa Itu Ogura Cake?

Apa itu Ogura cake? Ogura cake adalah kue yang pertama kali berasal dari Batu Pahat, Malaysia. Beberapa sumber mengatakan kalau ogura cake adalah inovasi baru dari para pembuat roti di daerah ini. Tak ada kejelasan mengapa kue ini disebut “ogura”, padahal kata ini merupakan salah satu nama marga Jepang. Bahkan secara harafiah, ogura juga bisa diartikan sebagai “gudang kecil”.

Lalu mengapa bisa dipanggil begitu? Konon, ada seorang wanita yang tinggal di Batu Pahat dan tengah merindukan suaminya yang pergi ke Jepang. Sudah sekian lama menanti, ternyata sang suami yang berkebangsaan asli Jepang itu meninggal tanpa penyebab yang jelas. Untuk mengenang cintanya, wanita ini membuat sebuah kue dengan nama suaminya, yakni Ogura. Nah, cerita ini tersebar luas berikut resep kuenya. Di Cina, ogura cake juga punya versi sendiri yakni xiang si dan gao yang artinya “Lovesick Cake”.

Resep Ogura Cake

Bahan-bahan:

  • 5 butir kuning telur
  • 1 butir telur utuh
  • 40 gram minyak
  • 80 gram santan instan kental
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 85 gram tepung kunci biru

Bahan putih telur:

  • 5 butir putih telur
  • 85 gram gula pasir kastor
  • 1/4 sendok teh krim tartar (bisa diganti dengan perasan jeruk nipis)

Cara Membuat:

  1. Campurkan 5 kuning telur dan 1 telur utuh, kemudian tambagkan minyak, santan dan pasta pandan. Aduk hingga rata dan tercampur sempurna
  2. .Di wadah terpisah, kocok putih telur dan krim tartar. Kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Kocok hingga kaku.
  3. Masukkan kocokan putih telur ke adonan pandan, aduk menggunakan spatula. Gunakan teknik aduk balik agar adonan tercampur rata.
  4. Tuang adonan di loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti.Siapkan satu loyang yang lebih besar, kemudian isi dengan air. Letakkan loyang adonan ke loyang yang berisi air. Biarkan loyang adonan seikit terendam air.
  5. Panggang dengan suhu 170 derajat.Keluarkan oven, kemudian lakukan tes kematangan. Caranya, tusuk adonan dengan tusuk gigi, apabila tusuk gigi bersih maka kue sudah matang.
  6. Pindahkan roti ke piring.
  7. Ogura cake pandan siap disajikan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu ogura cake dan resepnya yang mudah ditirukan dan bisa kamu buat di rumah. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading