Sukses

Food

Tips Membeli Bumbu Dapur yang Berkualitas Agar Tahan Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Bumbu dapur menjadi salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang. Ketika kita menginginkan masakan yang lezat, salah satu kunci utamanya ada di bumbunya. Bumbu yang berkualitas dengan takaran pas akan membuat setiap masakan bercita rasa makin lezat dan menggugah selera. Sebaliknya, saat bumbu dapur kurang berkualitas dan memiliki takaran yang tidak pas akan membuat cita rasa masakan berantakan. 

Seperti yang kita tahu, bumbu dapur terdiri dari berbagai macam. Di pasaran, kita bahkan bisa menemukan bumbu dapur dalam berbagai versi mulai dari bumbu yang masih segar, bumbu yang telah diolah menjadi bumbu bubuk atau bumbu dasar basah. Karena ada beragam versi dan jenis bumbu dapur di pasaran, kamu sebaiknya lebih jeli dalam memilih serta membeli bumbu dapur. 

Ada beberapa tips untuk membeli bumbu dapur yang berkualitas agar tahan lebih lama dan setiap masakan yang kita masak memiliki cita rasa yang lebih baik. Bagaimana tipsnya? Simak yang berikut ini.

Ketahui Jenis Bumbu Dapur

Tips pertama adalah ketahui jenis bumbu dapur yang ada. Pastikan bahwa kamu mengetahui bumbu dapur apa yang sedang kamu butuhkan untuk sehari-hari. Ketahui juga bumbu dapur yang masih segar alias asli atau utuh serta bumbu yang telah diolah. Bumbu dapur asli adalah bumbu yang masih dalam bentuk asli dan belum diolah.

Buat Daftar Kebutuhan Bumbu

Sebelum membeli bumbu dapur, usahakan untuk membuat daftar kebutuhan bumbu yang diinginkan. Buat daftar bumbu dapur apa saja yang sedang kamu butuhkan untuk membuat masakan sehari-hari.

Beli Bumbu Dapur Sesuai Kebutuhan

Usahakan untuk membeli bumbu dapur dalam porsi sesuai kebutuhan. Hindari membeli bumbu dapur berlebih karena ini akan membuat bumbu dapur yang disimpan dalam waktu lama rentan rusak. Sebaiknya beli aneka bumbu dapur untuk stok paling lama satu minggu. 

Untuk bumbu dapur yang cepat busuk seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan rempah-rempah basah, ini tidak tahan lama. Sedangkan untuk bumbu dapur yang kering seperti garam, gula, penyedap, lada, ketumbar, kemiri dan sejenisnya akan tahan lebih lama. Jadi kamu bisa menyesuaikan seberapa banyak bumbu yang hendak dibeli.

Cek Aroma, Tekstur dan Warna Bumbu

Saat membeli bumbu dapur, untuk dapatkan bumbu yang berkualitas sebaiknya cek aroma, tekstur dan warna bumbu. Bumbu yang masih berkualitas bagus umumnya akan terlihat lebih segar, aromanya sesuai dengan jenis bumbu dan teksturnya juga masih segar. Hindari membeli bumbu yang aroma, warna dan tekstur bumbu sudah berubah atau busuk.

Cek Tanggal Kadaluarsa

Jika kamu membeli bumbu dapur instan atau bumbu dapur olahan, jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa. Hindari membeli bumbu yang telah tiba di masa kadaluarsa karena jelas ini tidak baik.

Menyimpan Bumbu Dapur

Untuk bumbu dapur yang sudah dibeli, sebaiknya simpan bumbu dengan cara yang tepat. Cara menyimpan bumbu sangat berpengaruh pada kualitas bumbu dan ketahanan bumbu. Untuk bumbu basah atau asli, sebaiknya simpan di tempat kering dan bersih serta terbuka. Simpan bumbu di wadah masing-masing sesuai jenisnya. Untuk bumbu kering, simpan bumbu di dalam stoples dan terpisah masing-masing bumbu. 

Itulah beberapa tips membeli bumbu dapur yang berkualitas agar masakan lebih lezat dan tahan lebih lama. Semoga tips ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading