Sukses

Food

Bumbu Dapur Dasar yang Wajib Ada di Rumah

Fimela.com, Jakarta Masakan akan terasa semakin lezat jika bumbu yang digunakan untuk memasaknya lengkap. Bumbu dapur menjadi bagian dari masakan yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Selain bermanfaat menambah cita rasa makanan agar terasa makin lezat, bumbu dapur juga bermanfaat bagi kesehatan. 

Ada beberapa bumbu dapur yang wajib ada di rumah sebagai bumbu masakan. Usahakan agar selalu memilikinya di rumah Sahabat Fimela. Apa saja bumbu dapur tersebut?

Garam dan Gula

Bumbu dapur pertama yang wajib ada di rumah adalah garam dan gula. Garam akan menambah cita rasa gurih asin pada setiap masakan. Sedangkan gula akan menjadikan masakan sedikit terasa lebih manis dan menggugah selera. 

Bawang Merah, Bawang Putih, Ketumbar

Bawang Merah

Bumbu dasar selanjutnya ada bawang merah. Bawang merah bisa berupa bawang merah segar dan bawang merah goreng. Anek masakan seperti masakan tumis, bening, santan dan bakar akan terasa semakin lezat dan menggugah selera dengan bumbu bawang merah di dalamnya. 

Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi bumbu dasar yang wajib ada di rumah. Bawang putih mampu memberi cita rasa dan aroma khas pada setiap masakan baik itu masakan berkuah atau masakan kering.

Cabai

Cabai juga menjadi bumbu dasar wajib pada setiap masakan Indonesia. Rasa pedas cabai akan membuat setiap masakan terasa lebih menantang dan enak. Cabai sendiri terdiri dari berbagai jenis mulai dari cabai rawit, cabai keriting, cabai besar, cabai putih dan cabai paprika. 

Merica, Ketumbar, Miri dan Pala

Merica, ketumbar, miri dan pala juga menjadi bumbu rempah yang wajib ada di rumah. Aneka masakan tumis akan terasa makin nikmat serta harum dengan tambahan merica di dalamnya. Sedangkan ketumbar akan membuat setiap masakan yang digoreng terasa lebih menggugah selera. Aneka masakan seperti soto, gulai dan rawon wajib menggunakan bumbu dasar berupa merica, ketumbar, miri dan pala. 

Rempah Rimpang, Daun Jeruk

Rempah Rimpang

Rempah rimpang juga menjadi bumbu dasar wajib yang ada di rumah. Rempah rimpang terdiri dari beberapa jenis mulai dari kunyit, kencur, jahe, lengkuas dan kunci. Masakan khas Indonesia umumnya menggunakan rempah rimpang di dalamnya seperti halnya soto, rendang, semur daging dan sayur asam ikan. 

Daun Jeruk, Daun Salam dan Batang Serai

Ini juga menjadi bumbu dapur dasar yang wajib ada di rumah. Daun jeruk biasanya digunakan untuk memasak sayur lodeh, bahan tambahan membuat rempeyek dan sambal. Sementara daun salam dan batang serai sering digunakan untuk bumbu masakan soto serta aneka masakan tradisional yang kaya rempah di dalamnya. 

Itulah beberapa bumbu dapur dasar yang wajib ada di rumah. Selain bumbu di atas, bumbu dapur lain seperti daun bawang, daun seledri dan bawang bombay sebaiknya juga siap saji di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading