Sukses

Food

8 Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata teh? Pasti yang terbayangkan di pikiranmu adalah minuman berwarna kecoklatan yang berasal dari daun teh yang sudah dikeringkan bukan? Namun selain minuman yang berwarna kecoklatan yang berasal dari daun teh yang dikeringkan seperti yang biasa kamu jumpai, ada juga teh unik berwarna biru yang berasal dari bunga telang.

Teh bunga telang berasal dari bunga telang yang sudah dikeringkan dan nantinya akan diseduh menggunakan air panas layaknya teh pada umumnya. Saat menyeduh teh bunga telang ini akan keluar warna biru yang cantik dan menarik. Oleh sebab itu teh bunga telang ini sering disebut teh biru.

Mengenal Bunga Telang

Bunga telang atau dalam bahasa Inggris sering disebut butterfly pea merupakan salah satu tumbuhan yang kerap ditemui di pekarangan atau juga dapat ditemui di tepi hutan. Bunga telang atau dalam bahasa latin Clitoria ternatea adalah tumbuhan yang masuk kedalam suku polong-polongan. Tumbuhan ini berasal daerah Asia Tropis, namun saat ini bunga telang telah menyebar keseluruh daerah tropika. Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bentuk bunganya yang lucu menyerupai kupu-kupu serta memiliki warna biru terang atau ungu yang cantik.

Namun selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga ini juga sering dikonsumsi sebagai minuman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dilansir dari laman netmed.com ada 8 manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang diperoleh jika kita mengkonsumsi teh bunga telang.

Manfaat Teh Bunga Telang

1. Memperlancar Pencernaan

Teh bunga telang kaya akan antioksidan, yang menjadikannya minuman yang baik untuk dimasukkan dalam diet detoksmu. Antioksidan yang terkandung dalam teh bunga telang dapat melindungi tubuhmu dari efek negatif radikal bebas. Radikal bebas adalah zat berbahaya yang dapat merusak sel-sel sehat dalam tubuh. Minum secangkir teh biru sekali atau dua kali seminggu dengan perut kosong dapat membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam sistem dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Dapat Membantu Meningkatkan Mood

Teh bunga telang dapat membantu meningkatkan moodmu. Teh ini dikatakan memiliki efek penghilang stress dan juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan. Karena teh ini mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik maka teh ini juga akan membantumu agar lebih produduktif di tempat kerja. Teh biru ini juga dapat mengurangi gejala depresi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh bunga telang bebas dari kafein, serta tidak mengandung karbohidrat, lemak, dan kolesterol. Oleh karena itu minuman ini ideal bagi kamu yang sedang diet penurunan berat badan, karena memurnikan usus dari sisa makanan dan kotoran, serta mengatur nafsu makan. Dengan menahan keinginan untuk makan junk food, teh biru adalah minuman herbal yang luar biasa untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

4. Membantu Meningkatkan Kesehatan Kulit

Flavonoid yang terkandung dalam teh biru membantu merangsang produksi kolagen, membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit. Minum secangkir teh biru hangat secara teratur menghilangkan partikel makanan yang tidak tercerna dari sistem, membersihkan perut, hati dan ginjal. Dengan hal ini tubuh dapat dibersihkan secara internal sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Kesehatan kulit yang terjaga akan membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Bunga telang juga sangat baik untuk kesehatan rambutmu. Hal ini dikarenakan bunga telang mengandung anthocyanin, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Ini juga membantu memperkuat folikel rambut dari dalam.

6. Memperbaiki Kondisi Diabetes

Menyeruput secangkir teh biru hangat dapat menghindari lonjakan tiba-tiba kadar gula darah, memfasilitasi proses pencernaan yang lancar, pada mereka yang menderita diabetes mellitus tipe 2. Cadangan asam fenolik yang melimpah, antioksidan amida fenolik dalam teh biru dapat memberikan efek antihiperglikemik yang signifikan, meningkatkan sekresi insulin, mengatur metabolisme glukosa dan mencegah penyerapan gula yang berlebihan oleh sel-sel tubuh, baik saat puasa maupun setelah makan. Teh bunga telang tentu saja merupakan tambahan sehat yang ideal untuk diet diabetes.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh biru mengandung senyawa bioflavonoid yang memperkuat dan memasok kualitas antioksidan pelindung dan perbaikan untuk kesehatan jantung. Teh bunga telang yang mengandung konstituen antihiperlipidemia, dapat menurunkan volume kolesterol dan kadar lipid atau lemak yang sangat tinggi dalam aliran darah. Selain itu, segelas teh biru mengurangi trigliserida berbahaya dan konsentrasi kolesterol LDL yang buruk, sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol HDL yang baik. Dengan hal ini, teh biru dapat mencegah risiko sejumlah penyakit jantung, seperti aterosklerosis, serangan jantung, pembekuan darah berbahaya di arteri, vena dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan kompleks proanthocyanidin dalam teh biru menjadikannya minuman yang baik untuk meningkatkan penglihatan. Sifat anti-inflamasi dan analgesik yaitu sifat penghilang rasa sakit dalam teh biru memberikan manfaat penting untuk menurunkan ketidaknyamanan, kemerahan, pembengkakan yang dialami pada infeksi mata umum. Dengan merangsang aliran darah yang mengandung nutrisi penting menuju kapiler rumit sel optik, jaringan, teh biru secara efisien mempertahankan organel visual dan struktur retina, kornea, lensa, indikasi penyembuhan glaukoma, penglihatan kabur.

Itulah delapan manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengkonsumsi teh bunga telang. Semoga penjelasan mengenai manfaat teh bunga telang diatas dapat bermanfaat untukmu ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

 

 

 

What's On Fimela
Loading