Sukses

Food

8 Tips dan Manfaat Memilih Makanan Sehat dan Bergizi

Fimela.com, Jakarta Makanan menyediakan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh semua orang untuk melakukan berbagai aktivitas di kesehariannya. Makan dengan terlalu banyak kalori dapat menyebabkan kenaikan berat bedan. Namun, jika kalori yang didapatkan kurang, kesehatan dalam tubuh juga bisa terganggu.

Memilih makanan sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan rasanya saja. Namun nutrisi menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Makanan sehat dan bergizi diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari cdc.gov dan myacs.info, memilih makanan bergizi tentu saja tidak bisa sembarangan. Namun dibutuhkan pula kewaspadaan. Langkah pertama untuk memulai hidup sehat adalah memilih makanan sehat dan bergizi sebagai salah satu prioritas.

Tips memilih makanan sehat dan bergizi

1. Komposisi nutrisi

Pastikan semua makanan yang akan dikonsumsi mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air. Perbanyak konsumsi sayur dan buah segar. Lengkapi juga dengan susu.

2. Makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan berfungsi sebagai penangkal racun dan radikal bebas yang merusak kesehatan tubuh Anda. Pilih makanan yang mengandung antioksidan alami. Seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Sayuran seperti bayam, brokoli, kangkung, dan buah-buahan berwarna seperti stroberi, blueberry, rapsberi, dan melon sangat dianjurkan.

3. Makanan yang kaya omega 3

Lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan pikiran. Makanan yang kaya omega 3 seperti ikan, sayuran hijau, kenari, telur, dan sayuran hijau.

4. Selektif dalam memilih jajanan

Hilangkan semua jajanan tidak sehat dari daftar menu jajanan kamu. Hindari jajanan yang banyak mengandung zat adiktif. Demikian pula minuman bersoda, minuman beralkohol dan bersoda serta kopi, juga harus dihindari. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat sayuran dan buah-buahan segar sebagai pengganti camilan. Misalnya salad, jus, puding buah, dan sejenisnya.

5. Minum banyak air

Pastikan untuk mengonsumsi setidaknya delapan gelas air putih per hari. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi dan gangguan proses metabolisme. Ini adalah awal dari masalah kesehatan dalam tubuh.

6. Pengolahan yang higienis

Pastikan makanan yang kamu makan tetap bersih. Baik dari proses pengolahan hingga penyajian. Begitu pula saat kamu memutuskan untuk makan di luar rumah. Pilih restoran yang menjaga kebersihan lingkungannya dan yang ingin menyimpan makanan yang disajikan dengan baik. Begitu pula saat disajikan. Pastikan tidak ada lalat.

7. Batasi kandungan lemak

Kelebihan lemak dalam tubuh dapat menghambat proses metabolisme dalam tubuh dan menyebabkan obesitas. Namun tetap dibutuhkan lemak tubuh sebagai sumber energi. Oleh karena itu, agar kadarnya tidak berlebihan, jumlah asupannya harus dibatasi.

Kamu bisa menyeimbangkannya dengan melakukan olahraga teratur. Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur dapat membantu membakar lemak tubuh yang tidak diinginkan. Dengan demikian tubuh tetap fit dan sehat selama beraktivitas sepanjang hari.

8. Kurangi konsumsi makanan kaleng dan diawetkan

Misalnya, daging kaleng dan buah yang diawetkan. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa. Jika makanan telah berubah warna dan rasa, maka jangan dikonsumsi.

Manfaat makan dengan makanan sehat

Manfaat makan sehat untuk orang dewasa

  • Membantu hidup lebih lama
  • Menjaga kesehatan kulit, gigi, dan mata
  • Menambah kekuatan otot
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menguatkan tulang
  • Menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker
  • Mendukung kehamilan dan menyusui yang sehat
  • Membantu fungsi sistem pencernaan
  • Membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat

Manfaat makan sehat untuk anak

  • Menjaga kesehatan kulit, gigi, dan mata
  • Menambah kekuatan otot
  • Membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat
  • Menguatkan tulang
  • Mendukung perkembangan otak
  • Mendukung pertumbuhan yang sehat
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membantu fungsi sistem pencernaan

 

*Penulis: Sri Widyastuti.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading