Sukses

Food

Resep Wedang Uwuh, Minuman Hangat khas Yogyakarta

Fimela.com, Jakarta Tak ada habisnya jika kita berbicara mengenai kuliner yang ada di negeri kita tercinta, Indonesia. Indonesia memiliki banyak kuliner khas dari setiap daerah yang menjadi kebanggan masing-masing daerah itu sendiri. Mulai dari makanan berat, jajanan, hingga minuman khas.

Berbicara mengenai minuman khas, di Yogyakarta ada salah satu minuman hangat yang cukup populer yaitu wedang uwuh. Dilansir dari laman Indonesia Kaya, nama lain wedang uwuh adalah teh sampah. Secara etimologi kata “wedang” dalam bahasa Jawa berarti “minuman”, sedangkan “uwuh” berarti “sampah”. Istilah ini dipakai untuk menunjukkan banyaknya rempah-rempah yang ada di dalam segelas wedang uwuh sehingga seolah terlihat seperti sampah. Menurut masyarakat Yogyakarta, khususnya mereka yang tinggal di sekitar kompleks pemakaman Imogiri, wedang uwuh sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram.

Wedang uwuh merupakan minuman hangat yang terbuat dari berbagai macam rempah. Wedang uwuh biasanya berwarna kemerahan dan memiliki cita rasa manis dan pedas. Warna merah pada wedang uwuh berasal dari secang sedangkan cita rasa pedas berasal dari Jahe. Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin atau saat hujan wedang uwuh memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan diantaranya mengatasi asam urat, mengobati batuk dan pilek, mencegah penyakit jantung, meningkatkan sistem imun, dan menangkal radikal bebas.

Untuk sahabat Fimela yang sedang mencari minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin atau saat hujan, maka kamu bisa menjadikan minuman khas Yogyakarta ini sebagai pilihan. Minuman ini bisa kamu buat dirumah karena cara membuatnya yang relative mudah. Berikut merupakan resep membuat bandrek serta cara membuatnya, simak baik baik ya!

Bahan- bahan

  • 1 ruas jahe ukuran sedang, iris tipis-tipis
  • 2 batang serai, digeprek
  • 5 biji cengkeh
  • 3 cm kayu manis
  • 2 biji kapulaga
  • Secang, secukupnya
  • Gula batu secukupnya
  • 500 ml Air

 

Cara Membuat

  1. Masukkan air kedalam panci, nyalakan kopor, rebus air hingga mendidih
  2. Sambil menunggu air mendidih masukan jahe, serai, cengkeh, kayu manis dan kapulaga, tunggu hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih masukkan kayu secang, rebus selama kurang lebih 5-7 menit. Jika sudah matikan kompor dan angkat wedang uwuh.
  4. Dalam gelas saji, tambahkan gula batu secukupnya, sesuaikan dengan selera, lalu tuangkan wedang uwuh yang masih panas ke dalam gelas saji. Wedang uwuh siap dinikmati.

Itulah resep dan cara membuat wedang uwuh. Selamat mencoba!

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading