Sukses

Food

Resep Buras, Makanan Khas Bugis Bercita Rasa Gurih Sedap

0(0)

Waktu Pembuatan50 Menit
Jumlah Porsi1 Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Buras merupakan makanan khas dari suku Bugis yang memiliki cita rasa gurih, aroma wangi dan tekstur mirip lontong. Sama dengan lontong, buras berbahan utama beras. Buras biasa disajikan sebagai pengganti nasi. Umumnya, buras disajikan sebagai pendamping makanan khas bugis lain. Makanan ini biasanya wajib ada di setiap acara hajatan di Bugis. 

Bicara mengenai buras, kali ini Fimela memiliki resep buras yang praktis dan bisa kamu coba di rumah. Seperti apa resepnya? Simak yang berikut ini.

Bahan

  • 500 gram beras
  • 1,5 liter santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • Garam, secukupnya
  • Daun pisang, untuk membungkus

 

Cara Membuat

  1. Cuci beras hingga bersih. Siapkan semua bahan. 
  2. Masak beras bersama santan, daun salam dan garam. Masak hingga membentuk nasi aron. Setelah beras jadi nasi aron, jangan langsung membungkusnya. Tunggu beberapa saat hingga santan benar–benar meresap ke dalam butiran  beras. Saat merebus beras ini, jangan lupa untuk mengoreksi rasanya agar tidak terlalu asin atau kurang asin. 
  3. Rendam daun pisang ke dalam air mendidih atau jemur sebentar agar daun pisang layu. Tujuannya agar daun pisang lebih mudah untuk membungkus nasi aron. 
  4. Bungkus nasi aron memanjang seperti membungkus lemper namun lebih pipih atau tipis menggunakan daun pisang. Ikat daun pembungkus dengan tali agar buras tidak rusak saat dikukus atau direbus. 
  5. Setelah semua nasi aron terbungkus daun pisang, kukus atau rebus hingga matang kira-kira selama 30 menit. 

Buras yang enak, gurih dan bertekstur lembut siap memanjakan lidah. Buras bisa disajikan bersama coto Makassar, sate atau bahan makanan lain. Buras juga bisa dijadikan pengganti nasi karena kaya akan karbohidrat. Semoga resep ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading