Sukses

Food

5 Tips Agar Sambal Tahan Lebih Lama, Bisa Disimpan Hingga Sebulan

Fimela.com, Jakarta Bagi penyuka makanan pedas, akan kurang rasanya jika makan tanpa sambal. Meski pedas, sambal memiliki cita rasa yang bisa bikin nafsu makan meningkatkan. Sambal juga bisa membuat aneka makanan yang kita makan terasa lebih nendang dan nikmat. Mengenai sambal sendiri, sambal bisa dibuat secara langsung setiap kali hendak makan. Atau bisa juga dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan.

Ada beberapa tips untuk menyimpan sambal agar tahan lebih laman. Dengan tips ini, sambal bisa tahan bahkan hingga satu bulan lamanya. Kira-kira, seperti apa tips menyimpan sambal tersebut? Simak yang berikut ini.

Pemilihan Bahan Sambal

Tips pertama ada di pemilihan bahan sambal. Untuk mendapatkan sambal berkualitas, enak dan tahan lama, sebaiknya gunakan bahan sambal yang berkualitas pula. Pastikan untuk menggunakan bahan sambal yang baru dan segar. Pilih cabai, bawang merah, bawang putih dan aneka bahan lainnya yang kualitasnya bagus. 

Tumis Sambal Hingga Tanak

Tips selanjutnya adalah tumis sambal hingga tanak atau matang sempurna. Mematangkan sambal secara sempurna akan membuat sambal tahan lebih lama. Sebelum dihaluskan dan ditumis, sambal sebaiknya juga digoreng atau disangrai. Ini membuat kandungan air dalam sambal berkurang banyak bahan hilang. Saat kandungan air dalam sambal minim, ini akan membuat sambal tahan lebih lama lagi.

Simpan Sambal dalam Suhu Ruanga

Sebelum menyimpan sambal di wadah, usahakan untuk menyesuaikan sambal dengan suhu ruangan. Setelah sambal dimasak atau ditumis, istirahatkan sambal hingga dingin dalam suhu ruangan. Baru setelah itu sambal bisa disimpan.

Simpan di Wadah Bersih dan Kering

Simpan sambal di wadah yang bersih dan kering. Pastikan juga untuk menyimpan sambal di wadah kedap udara. Hindari menyimpan sambal di wadah bekas makanan lain atau terdapat sisa air di dalamnya. Ini akan membuat kualitas sambal menurun dan membuatnya cepat basi.

Simpan di Lemari Es

Beragam makanan akan tahan lebih lama saat disimpan di lemari es. Ini juga berlaku untuk sambal. Jika kamu ingin sambal tahan hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu, kamu sebaiknya menyimpan sambal di lemari es. Namun ingat, sebelum disimpan di lemari es, tempatkan sambal di wadah yang bersih dan kering. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan sambal agar tahan lebih lama. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading