Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Sambal Kecap Serbaguna yang Enak

Fimela.com, Jakarta Sambal kecap merupakan jenis sambal yang paling mudah dibuat. Sambal yang satu ini pun cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis lauk dan hidangan. Selain itu, kita bisa membuat ragam kreasi sambal kecap yang enak dengan mudah.

Bagi yang ingin membuat sambal kecap dengan kreasi berbeda, tips-tips berikut ini bisa dicoba. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Menggunakan Bawang Goreng

Bagi yang ingin menikmati sambal kecap dengan cita rasa gurih, coba tambahkan bawang goreng. Siapkan kecap, tambahkan irisan cabai rawit, garam, dan bawang goreng. Lalu, aduk rata. Bawang goreng bisa menambah tekstur sekaligus rasa yang dapat menggugah selera.

2. Menggunakan Irisan Tomat dan Bawang Mentah

Bagi penyuka sambal mentah, tips yang satu ini bisa dicoba. Siapkan kecap, lalu tambahkan irisan buah tomat dan bawang merah mentah. Tambahkan irisan cabai rawit sambil ditekan-tekan sedikit agar rasa pedasnya keluar. Tambahkan garam dan air perasan jeruk nipis secukupnya untuk membuat rasanya lebih segar.

 

 

3. Menggunakan Minyak Panas dan Bawang yang Digoreng Layu

Bawang merah dan bawang putih bisa digoreng sampai layu (tidak perlu sampai kering), lalu tiriskan. Siapkan cobek, ulek cabai rawit dan bawang yang sudah digoreng. Tambahkan minyak panas. Aduk rata. Terakhir, tambahkan kecap serta sedikit garam, dan aduk sampai rata. Teksturnya akan terasa lebih kental dan rasanya lebih pekat.

4. Menggunakan Pete

Bagi yang doyan pete, coba buat kreasi sambal kecap dengan pete. Caranya tidak terlalu sulit. Siapkan saja pete, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit. Bawang dan cabai diiris-iris, lalu ditumis dengan sedikit minyak sampai layu. Kemudian, masukkan pete, masak sampai pete matang. Terakhir, masukkan kecap. Masak sebentar, lalu sajikan.

Kita bisa bebas membuat kreasi sambal kecap sesuai selera. Semoga info dan tips di atas membantumu, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Sambal Terasi Tomat Segar ala SS
Artikel Selanjutnya
3 Menu Khusus Pecinta Pedas dengan Sambal khas Nusantara