Sukses

Food

Resep Lapis Legit Pandan, Kue Basah Tradisional yang Cocok Disajikan saat Natal

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tidak menyukai lapis legit, kue basah tradisional yang memiliki cita rasa manis legit ini? Kue lapis legit merupakan kue basah tradisional yang sudah ada sejak masa Kolonial Belanda. Kue lapis legit atau spekuk berbahan dasar kuning telur, tepung terigu, gula, dan mentega/margarin yang memiliki tekstur yang lembut mirip dengan kue bolu namun cenderung lebih lembab.

Kue Basah ini memang cukup populer di Indonesia. Kue lapis legit ini sering dijadikan suguhan pada acara-acara tertentu dan hari raya seperti Natal, Lebaran, dan Imlek. Kue lapis legit juga memiliki simbol yang mendalam. Kue lapis legit sering disimbolkan sebagai kemakmuran yang berlapis.

Nah untuk sahabat Fimela yang hendak merayakan hari raya seperti Natal, tak ada salahnya menyuguhkan lapis legit sebagai salah satu kudapan. Rasanya yang manis dan legit membuat siapapun tak bisa menolak kelezatan kue ini. Untuk sahabat Fimela yang ingin menyajikan kue ini, kamu wajib banget simak resep dan cara membuat kue lapis legit pandan di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 200 gram tepung terigu
  • 20 butir kuning telur
  • 500 gram margarin
  • 300 gram gula pasir
  • 160 gram susu kental manis
  • Vanili bubuk, secukupnya
  • Bubuk speeku, secukupnya
  • Pewarna pasta pandan

Cara Membuat

  1. Dalam wadah, kocok margarin dan gula pasir dengan mixer kurang lebih 10 menit sampai mengembang.
  2. Masukkan susu kental manis ke dalam adonan margarin dan gula pasir tadi, kocok dengan mixer sampai tercampur rata.
  3. Setelah susu kental manis tercampur rata, masukkan kuning telur sedikit demi sedikit sambil kocok menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  4. Masukkan bubuk speeku dan vanilla, aduk dengan mixer hingga tercampur rata.
  5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  6. Masukkan pewarna pasta pandan secukupnya kedalam adonan lapis lepis legit tadi, aduk menggunakan mixer hingga tercampur rata. Aduk-aduk kembali adonan menggunakan spatula. Sisishkan.
  7. Siapkan loyang ukuran 19cm x 19 cm. Baluri sisi loyang menggunakan margarin agar tidak lengket saat memanggang adonan lapis legit.
  8. Siapkan sendok sayur dengan ukuran yang agak besar. Ambil adonan lapis legit menggunakan sendok sayur dan tuang ke dalam loyang. Ratakan hingga adonan menututupi loyang.
  9. Panggang adonan lapis legit layer pertama dengan suhu 180-200 derajat celcius dengan api atas bawah selama 10 – 15 menit. Jika layer pertama lapis legit sudah matang, keluarkan lapis legit dari oven.
  10. Untuk layer kedua, ambil 1 sendok sayur adonan lapis kegit. Ratakan hingga menutupi loyang. Panggang menggunakan api atas saja selama 10-15 menit. Jika sudah keluarkan lapis legit dari oven.
  11. Ulangi sampai adonan habis.
  12. Lapis legit siap dinikmati

Nah, itu dia resep lapis legit pandan, kudapan yang cocok dihidangkan saat Natal. Selamat Mencoba.

 

Penulis: Diah Ayu

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading