Sukses

Food

Tips Mudah Bikin Ayam Goreng Krispi Renyah dengan Bumbu Meresap

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng krispi menjadi salah satu menu kesukaan hampir semua orang. Menu ini termasuk menu paling idola anak-anak. Jika membeli ayam goreng krispi di luar, kita akan mendapati ayam goreng krispi yang renyah, gurih dan bumbunya meresap. Tapi, kalau bikin sendiri di rumah, ayam goreng krispi rentan melempem atau lemas. 

Kira-kira, seperti apa caranya untuk membuat ayam goreng krispi yang renyah dengan bumbu meresap? Yuk, simak caranya di bawah ini dan jangan takut untuk membuat ayam krispi renyah ala KFC maupun rumah makan lainnya.

Marinasi Daging Ayam

Agar bumbu meresap, sebelum daging ayam dibaluri dengan tepung, penting untuk memarinasi daging ayam terlebih dulu. Teknik ini bisa membuat bumbu meresap ke dalam daging ayam dan membuatnya matang sempurna hingga ke dalam saat digoreng.

Gunakan Takaran Tepung yang Pas

Pastikan untuk menggunakan takaran tepung yang pas. Takar tepung terigu, tepung beras dan tepung maizena secara pas. Untuk perbandingan antara tepung terigu, maizena dan beras adalah 70 : 20 : 10. Takaran ini untuk tepung adonan kering maupun adonan basah.

Gunakan Air Es

Sebaiknya gunakan air es untuk membuat adonan tepung basah. Campur 3 sdm adonan tepung yang telah dicampur dengan air es secukupnya. Tambahkan juga bumbu berupa garam, lada bubuk dan penyedap secukupnya. Aduk semua bahan hingga membentuk adonan basah yang cukup cair.

Baluri dengan Adonan Tepung Kering

Setelah daging ayam dimarinasi dengan bumbu, selanjutnya baluri dengan adonan basah. Setelah itu baluri dengan adonan kering. Tepuk-tepuk daging ayam hingga tepung menempel sempurna ke daging. Celup lagi daging ayam ke adonan basah dan kering secara berkala kira-kira sebanyak 3 sampai 4 kali. Ini demi mendapatkan kriuk yang lebih pada ayam goreng nantinya. 

Goreng dengan Minyak Banyak (Deep Fry)

Untuk mendapatkan ayam goreng krispi yang renyah dan matang sempurna, goreng daging ayam yang telah dibalur tepung dengan minyak banyak atau teknik deep fry. Goreng dengan api sedang agar daging ayam matang sempurna dan adonan tepung kering serta kriuk. 

Itulah cara mudah membuat ayam goreng krispi yang gurih, renyah dan pastinya matang sempurna. Semoga tips atau cara ini bermanfaat. Jadi gimana, tidak takut lagi untuk membuat ayam krispi yang renyah bukan?

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading