Sukses

Food

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi yang Gurih dan Renyah

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng krispi atau biasa dikenal dengan 'chicken' adalah sajian yang umumnya ditawarkan oleh resto-resto makanan siap saji. Chicken bisa dibilang merupakan menu wajib yang disukai banyak orang. 

Bagaimana tidak, hidangan chicken memiliki tekstur yang renyah diluar tetapi daging ayamnya tetap empuk. Ditambah lagi bumbunya yang meresap dengan sempurna lalu dimakan bersama cocolan saus sambal pedas dan nasi hangat. Pasti kamu tidak akan sanggup menolak hidangan yang satu ini. 

Selain bisa kamu dapatkan dengan mudah di resto makanan siap saji terdekat, kamu juga bisa membuat ayam goreng krispi sendiri di rumah, lho. Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas beberapa tips beserta resep ayam goreng krispi yang renyah dan gurih. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi

1. Memilih potongan ayam

Tips pertama untuk membuat ayam goreng krispi yang renyah dan gurih adalah dengan memilih potongan ayam yang tepat. Dibanding kamu membeli daging ayam yang sudah dipotong, lebih baik kamu membeli ayam utuh dan memotongnya sendiri agar kamu bisa mennetukan bagian potongannya. 

Berikut trik yang perlu kamu perhatikan saat memotong ayam, pada bagian dada, disarankan agar kamu memotongnya menjadi 2 atau 3 bagian. Semakin kecil potongan dagingnya, maka daging ayam pun akan lebih mudah dimasak dan matang dengan baik. 

2. Memukul daging ayam berkali-kali

Mungkin tips yang satu ini terlihat aneh, tetapi kamu memang perlu memukul daging ayam beberapa kali agar tekstur dagingya menjadi lebih empuk. Selain tu, bumbu yang dibalurkan ke seluruh tubuh ayam pun jadi lebih meresap.

Untuk memukul daging, kamu bisa menggunakan alat-alat makan seperti garpu. Cara ini sama efektifnya dnegan memukul daging, agar proses selanjutnya lancar.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi

3. Merendam daging ayam ke dalam air garam

Sebelum kamu menggorengnya, disarankan agar kamu merendam daging ayam ke dalam air garam atau air asin. Cara ini perlu dilakukan untuk membuat tekstru daging ayam menjadi lebih empuk saat digoreng nanti. 

Kamu hanya perlu menyiapkan air yang telah diseduh garam dalam sebuah wadah besar, lalu celupkan daging ayam ke dalamnya. Diamkan rendaman selama satu malam, namun jika kamu ingin mempercepat prosesnya, kamu bisa membaluri garam kering ke seluruh tubuh ayam. 

4. Membaluri daging ayam dengan bumbu rempah pilihan

Rasa gurih daging ayam tidak hanya didapatkan dari tepungnya saja, daging bagian dalamnya juga harus tetap terasa lezat. Bagaimana caranya? Mudah saja, kamu hanya perlu membalurinya dengan bumbu racik rempah pilihan. 

Saat ayam sedang diasinkan, campur bumbu halus menjadi satu, lalu balurkan. Jangan lupa, sisakan juga setengah bumbu halus ini untuk dibalurkan ke bagian tepung. 

Disarankan agar kamu membaluri banyak bumbu pada daging ayam, sebab proses penggorengan akan membuat rasa bumbu sedikit menghilang. Tidak perlu khawatir hidangan ayam akan terlalu asin karena dengan menyisakan sebagian bumbu pada lapisan ayam dan lapisan tepung akan membuat rasa ayam goreng pas.

5. Menggorengnya dua kali

Untuk mendapatkan hasil hidangan ayam goreng krispi yang baik, disarankan agar kamu menggorengnya dua kali. Cara ini perlu dilakukan agar tekstur tepung menjadi lebih krispi dan renyah saat dikonsumsi. Berikan jeda lima menit setelah proses penggorengan yang pertama sebelum daging ayam digoreng kembali.

 

Resep Ayam Goreng Tepung Krispi

Setelah mengetahui tipsnya, sekarang kamu perlu menyimak resep praktisnya. Berikut adalah resep ayam goreng tepung krispi sederhana yang bisa kamu coba di rumah: 

Bahan-bahan: 

  • 500 gr ayam, potong sesuai selera
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 butir telur
  • 4 siung bawang putih
  • 5 sdm tepung terigu
  • Garam, merica dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat ayam goreng krispi: 

  1. Cuci bersih ayam, untuk menghilangkan aroma amis, beri perasan air jeruk nipis.
  2. Lumir daging ayam dengan bawang putih halus, merica, garam, dan penyedap rasa. Aduk-aduk dan dinginkan dalam lemari es selama 1 jam.
  3. Di wadah lain, campurkan tepung terigu, maizena, merica bubuk, kaldu ayam bubuk, dan sedikit garam.
  4. Kocok lepas telur, masukkan ayam. Lalu lumuri ayam dengan tepung kering, balut dan cubit-cubit, untuk menciptakan tekstur krispi.
  5. Goreng ayam dengan minyak panas. Jika berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  6. Ayam goreng tepung krispi siap disajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading