Sukses

Food

5 Bahan Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Gula, Manisnya Alami

Fimela.com, Jakarta Gula menjadi salah satu bahan makanan utama dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap makanan manis seperti kue dan jus memerlukan tambahan gula agar lebih manis dan lezat. Beberapa masakan juga membutuhkan gula di dalamnya, meski takarannya tak banyak. 

Untuk mendapatkan pemanis makanan, sebenarnya kita tak hanya bisa memanfaatkan gula. Ada beberapa bahan makanan lain yang memiliki cita rasa manis dan bisa jadi pengganti gula. Aneka bahan makanan ini, bahkan dipercaya lebih sehat untuk tubuh. Ini juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan ke depannya. 

Berikut beberapa bahan makanan yang bisa jadi pengganti gula karena rasanya yang manis. Yuk, simak baik-baik.

Madu

Bahan makanan pertama sebagai pengganti gula ada madu. Madu juga kaya manfaat dan nutrisi untuk kesehatan. Madu bahkan dipercaya bisa menjadi obat dari segala macam penyakit Bahan makanan ini bisa digunakan ke dalam aneka makanan dan masakan. Selain cita rasanya yang manis lezat, madu juga memiliki aroma wangi yang khas. 

Kurma

Kurma adalah makanan yang bisa jadi pengganti gula selanjutnya. Kurma memiliki manis alami di dalamnya. Kurma bisa jadi sumber energi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Beberapa kue dan jus akan semakin manis, meski tanpa gula jika di dalamnya terdapat kurma.

Daun Stevia

Daun ini merupakan daun yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Daun stevia memiliki cita rasa manis yang khas. Untuk mendapatkan rasa manis dari daun ini, kita bisa merendamnya di dalam air panas. Selain sebagai pemanis alami, daun stevia bermanfaat menurunkan tekanan darah dalam tubuh, bagus untuk diet karena rendah kalori dan bisa menekan jumlah gula darah berlebih dalam tubuh.

Gula Kelapa

Gula kelapa adalah pemanis alami selanjutnya yang bisa jadi pengganti gula. Gula kelapa memiliki cita rasa yang khas dan dipercaya juga lebih sehat untuk tubuh. Gula kelapa berasal dari nira pohon kelapa yang direbus hingga mendidih dan menjadi butiran kristal membentuk gula kelapa. Aneka masakan dan kue akan semakin lezat jika menggunakan pemanis gula kelapa.

Sirup Jagung

Sirup jagung juga bisa jadi pengganti gula. Ini memiliki cita rasa manis alami yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya, konsumsi sirup jagung berlebih dan berkepanjangan, meningkatkan risiko obesitas karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. 

Itulah sekian bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti gula. Selain bahan makanan di atas, sebenarnya aneka buah manis seperti apel, pisang dan anggur juga bisa dijadikan pemanis pengganti gula. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading