Sukses

Food

Diary Fimela: Cerita Sukses Tata’s Pudding, Pelopor Puding Buah di Bali

Fimela.com, Jakarta Puding menjadi salah satu camilan favorit bagi semua kalangan usia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat kudapan tersebut banyak disukai, dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, banyak pelaku usaha yang menciptakan berbagai puding dengan rasa beragam yang membuatnya cocok jadi ide kejutan manis. Salah satunya adalah Tata’s Pudding

Tata’s Pudding yang didirikan sejak tahun 2018 ini merupakan pelopor puding buah di Bali. Devi Pradysta Kirana atau biasa dipanggil Tata selaku owner dari Tata’s Pudding membangun bisnisnya dari keinginannya menjadi ibu rumah tangga yang memiliki kegiatan selain mengurus sang buah hati. Awalnya konsumen Tata hanya sekitaran keluarga dan teman terdekat.

Namun seiring waktu, Tata mulai memiliki banyak orderan dan mulai berjualan via instagram. Dari sini Tata’s Pudding mulai dikenal banyak orang. Mahasiswa lulusan S1 Ilmu Komunikasi ini juga memiliki background keluarga seorang pengusaha.

Tidak hanya menjual berbagai varian puding, Tata’s Pudding juga menjual berbagai produk lain seperti salad buah, klapertart yang merupakan makanan khas manado, serta dessert lainnya yaitu creamy dessert seperti buko pandan, mango sago, ximilu, dan lain sebagainya. 

Devi menuturkan akan selalu berinovasi untuk menarik pelanggan. Ia juga menuturkan akan ada varian terbaru kedepannya, entah dari produk puding atau produk lainnya. Selain itu, Tata juga mengikuti perkembangan dan tren yang saat itu sedang digandrungi oleh customer 

Menu yang paling dicari

Produk best seller dari Tata’s Pudding sendiri tentu saja varian pudingnya. Untuk jenis pudingnya sendiri adalah puding buah. Selain menjadi menu pertama yang dikeluarkan Tata’s Pudding sejak berdirinya bisnis ini. Puding buah masih menjadi favorit oleh customer Tata’s Pudding, hal ini dikarenakan antusias pelanggan dengan puding buah hingga saat ini masih tinggi.

Tata’s Pudding bisa menghasilkan lebih dari 200 produk per harinya. Ada 13 orang karyawan yang membantu, terbagi menjadi beberapa divisi, mulai dari customer service, accounting, staff produksi, dan lainnya.

Dan dalam memasarkan produksi Tata’s Pudding, lebih fokus pada strategi online marketing, seperti membuat ads dan promosi di Instagram. Tata’s Pudding juga meng-endorse selebgram dari Bali untuk mempromosikan produknya dan tetap aktif mengikuti event bazar yang diadakan di daerah bali.

Tantangan selama berbisnis menurut Tata adalah harus tetap menciptakan inovasi, sehingga apapun yang berkembang dan menjadi trend di masyarakat tetap bisa diikuti oleh pelaku usaha. Apalagi trend yang sudah berubah-ubah membuat Tata’s Pudding terus mengikuti trend di masyarakat dan selera konsumen. Tata menuturkan untuk pintar berinovasi agar terus berkembang. 

Selama COVID-19, Tata’s Pudding justru mengalami penjualan yang naik lumayan pesat. Ia berpendapat kemungkinan hal ini terjadi karena banyak orang yang mungkin tidak bisa bertemu dan berkumpul bersama.

Namun, ia harus mengirim atau memberikan hampers kepada orang yang sedang sakit maupun isolasi mandiri (isoman), sehingga hal ini membuat peluang bisnis bagi Tata’s Pudding selama COVID-19 berlangsung. Tata menuturkan bahwa ia justru menambah karyawan di saat bisnis orang lain sedang melakukan PHK akibat terdampak pandemi.

Saran Tata untuk orang yang mau memulai bisnis

Tata juga memberikan saran kepada orang-orang yang ingin memulai bisnis, ia menjelaskan seorang pelaku usaha harus mengikuti passion-nya, karenaakan lebih enjoy dalam menjalankan bisnis walaupun ada tantangan dan masalah ke depannya.

Saran kedua yang diberikan adalah harus siap mental. Karena ketika memulai sebuah usaha terkadang bisnis naik dan turun. Jadi saat usaha yang sedang dijalankan turun, kita jangan menyerah begitu saja dan tetap harus berjalan sambil mencari solusi terhadap masalah tersebut. Tata menjelaskan, apabila penjualan sedang menurun, seorang pelaku usaha harus memikirkan bagaimana caranya agar bisnis tetap survive.

Saran ketiga yang diberikan adalah harus fokus dan konsisten. Saat menjalankan sebuah bisnis, seorang pelaku usaha harus fokus dan konsisten dalam usaha tersebut. Tata menyebutkan bahwa kebanyakan orang terlalu mudah berpindah-pindah dalam menjalankan bisnisnya, padahal bisnis tersebut baru mulai dijalankan. Hal itu justru membuat bisnis yang dijalankan kurang maksimal

Selain itu, disiplin dan memiliki target agar bisnis yang dijalankan memiliki progres juga menjadi saran yang diberikan oleh Tata.

Tata’s Pudding bisa kamu ditemukan di Bali, yaitu di Jalan Buana Raya, Denpasar dan Mall Beachwalk. Tata’s Pudding juga segera membuka store terbarunya di Mall Living World yang terletak di daerah Denpasar Timur, Bali. Selain itu, Tata’s Pudding juga bisa didapatkan secara online. Kamu bisa memesan Tata’s Pudding melalui berbagai platform online seperti Gofood, Grabfood, Shopee Food, Traveloka Eats, dan platform lainnya.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading