Sukses

Food

5 Tips Memasak Ayam Goreng Crispy yang Awet Renyah

Fimela.com, Jakarta Sedang mencari tips memasak ayam goreng crispy yang bisa langsung dicoba di rumah? Kali ini, Fimela hadirkan langkah dan cara yang bisa diikuti untuk menghasilan ayam goreng tepung yang awet renyah. Mulai dari menyiapkan daging ayam hingga proses penggorengan.

Secara umum ada 5 langkah yang perlu diikuti untuk membuat ayam goreng crispy yang awet renyah. Selengkapnya, langsuang saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Marinasi Daging Ayam Selama 2 Jam

Daging ayam yang sudah dicuci bisa dikucuri air perasan jeruk nipis. Setelah didiamkan beberapa saat, bisa dibilas. Lalu baluri dengan garam, bawang putih halus, merica bubuk, dan cabai bubuk. Tambahkan susu cair dan air perasan jeruk nipis. Diamkan di dalam kulkas selama minimal 2 jam.

2. Tambahkan Baking Soda ke Adonan Tepung

Untuk adonan tepungnya bisa menggunakan tepung terigu yang dicampur garam, lada bubuk, kaldu bubuk, dan cabai bubuk. Tambahkan juga baking soda atau soda kue ke adonan tepung. Untuk 1 kg tepung terigu, bisa menggunakan 1 sdt soda kue.

 

 

3. Siapkan Air Es

Siapkan air es atau air yang dicampur es batu dalam baskom. Daging ayam yang sudah dimarinasi bisa dibaluri dengan tepung, tapi tak perlu diremas-remas. Cukup dibaluri hingga merata saja. Setelah itu, celupkan ke air es sebentar, tiriskan, kemudian baluri lagi dengan tepung. Ulangi proses membalut daging ayam dengan tepung hingga 2-3 kali agar hasilnya keriting dan renyah.

4. Gunakan Minyak yang Banyak

Siapkan minyak goreng yang banyak. Usahakan daging ayam bisa terendam semua ketika digoreng. Dengan demikian, daging ayam akan matang merata dan tekstur tepungnya bisa renyah.

5. Kibaskan Daging Ayam sebelum Digoreng

Daging ayam yang sudah dibalut tepung perlu dikibas-kibaskan lebih dulu sebelum digoreng. Tujuannya agar tepung bisa tetap melekat pada daging ayam ketika digoreng.

Itu tadi lima tips memasak ayam goreng crispy yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat dan bisa memudahkanmu dalam memasak ayam goreng yang awet renyah, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading