Sukses

Food

5 Cara Menggunakan Madu untuk Masakan dengan Benar Menurut Chef

Fimela.com, Jakarta Madu adalah salah satu bahan makanan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tak hanya itu, madu juga cocok untuk digunakan sebagai pelengkap bahan masakan. Mulai dari masakan yang tumis hingga bahan kue.

Tahukah kamu jika menggunakan madu sebagai bahan masakan ada tekniknya? Mariska Tracy dan dan Aziz Amri (alumni Masterchef Indonesia 7) menjelaskan tipsnya untuk Sahabat Fimela. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih Madu yang Berkualitas

Agar masakan memiliki cita rasa yang enak, pastikan kamu menggunakan madu yang berkualitas. Madu yang bagus pasti harganya jauh lebih mahal daripada madu di pasaran. Dari sisi rasa pun berbeda. Cita rasa madu berkualitas kurang hanya sekadar manis seperti gula, sementara madu berkualitas bagus memiliki rasa manis yang khas. Kualitas madu akan menentukan hasil akhir suatu masakan atau kue.

Bisa Digunakan untuk Pengganti Gula

Mariska menjelaskan selain memberi rasa manis pada masakan, madu juga bisa menjadi bahan panggang seperti gula. Tapi, madu lebih bergizi daripada gula, karena mengandung mineral dan antioksidan. Kalau pakai madu, masakan mudah terkaramelisasi, sehingga tampilan masakan jadi lebih shiny. Hanya saja, untuk proses membuat kue, madu belum bisa seratus persen menggantikan gula. Misalnya, untuk mengocok whipping cream atau putih telur, tetap memerlukan gula pasir.

Simpan di Suhu Ruang

Madu memiliki daya simpan yang cukup lama. Pastikan madu disimpan di tempat yang higeinis. Simpan madu di botol kaca atau plastik, dan letakkan di shu ruang yang sejuk dan kering. Cara ini dapat membantu menjaga kualitas madu.

Madu Cocok Dipadukan dengan Berbagai Jenis Masakan

Saat membuat dessert, madu juga serasi dikombinasikan dengan berbagai bahan, antara lain bahan yang mengandung asam, seperti jeruk nipis, lemon, yogurt, susu, mentega, dan krim. Sedangkan untuk membuat makanan gurih, madu sangat cocok dengan daging, seafood, dan bermacam sayuran untuk salad.

Jangan Masak dengan Suhu Tinggi

Terakhir, Mariska memberikan tips jika menginginkan madu jadi bahan masakan, sebaiknya tuang di tahap akhir, saat makanan sudah selesai dimasak dan sudah tidak terlalu panas. Jika memerlukan madu untuk memasak dengan suhu tinggi, misalnya honey chicken wings, pakailah madu dengan kualitas biasa yang harganya terbilang murah. Karena, hanya ingin mendapatkan rasa madu yang membuat cita rasa masakan jadi legit.

Sahabat FImela, demikian tips untuk memanfaatkan madu sebagai bahan masakan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading