Sukses

Food

7 Buah-buahan yang Bisa Membantumu Atasi Masalah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kebanyakan orang ketahui, buah-buahan memiliki beragam manfaat. Buah-buahan memiliki banyak kandungan seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk tubuh saja, namun buah juga bisa bermanfaat untuk wajah.

Jerawat adalah salah satu permasalahan wajah yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Selain skincare, ternyata buah-buahan juga bisa membantu memulihkan kulit yang meradang karena jerawat. Buah apa saja? Simak penjelasannya dalam artikel ini yuk.

1. Buah Apel

Buah apel mengandung anti acne yang disebut quercetin. Quercetin berperan sebagai anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan. Kandungan tersebut nantinya akan bersirkulasi pada aliran darah yang berada dalam kulit dan membantu menghalau sel yang memproduksi histamine. Histamine adalah salah satu zat pemicu munculnya jerawat. Selain itu, apel juga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk membantu proses regenerasi sel kulit dan merawat keremajaan kulit wajah.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung omega 3, antimikroba, dan vitamin c yang dapat mengurangi timbulnya jerawat. Selain itu, buah alpukat mengandung sterolin yang mampu menghaluskan dan melembapkan kulit wajah. Alpukat memiliki kandungan vitamin A, B, C, dan E yang dapat melindungi dan memperbaiki sel kulit sehingga dapat mencegah adanya peradangan yang terjadi karena jerawat.

3. Buah Cherry

Antioksidan pada buah cherry membantu kulit menjadi lebih kebal pada berbagai jenis polutan sehingga tidak mudah berjerawat. Kandungan vitamin A dan C dalam buah cherry bersifat sebagai anti bakteri yang melawan semua penyebab jerawat dan mengurangi iritasi serta bekas jerawat.

4.Buah Semangka

Buah segar yang punya kadar air yang banyak dapat menenangkan kulit yang berjerawat. Kandungan airnya yang cukup tinggi dapat menghidrasi kulit dengan sempurna.

Selain itu semangka adalah sumber vitamin A yang kaya yang membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit dan terbukti menjadi obat yang efektif untuk jerawat. Menjadi buah anti-inflamasi, ini juga membantu menyembuhkan rasa sakit dan peradangan yang disebabkan jerawat.

5. Buah Beri

Buah berukuran kecil ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang berguna dalam membasmi jerawat. Vitamin C termasuk jenis vitamin yang dapat menghambat NFkB, senyawa yang dapat memicu sitokin untuk peradangan.

Oleh karena itu, vitamin C mempunyai aktivitas anti-peradangan yang bisa digunakan pada kulit berjerawat. Bahkan, vitamin C pada buah beri juga mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah hiperpigmentasi setelah jerawat meradang.

 

6. Buah Jeruk

Jeruk sudah terkenal dengan kekayaannya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat dan sangat membantu mengurangi jerawat. Tidak hanya itu, ini juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat.

7. Buah Pisang

Pisang mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak esensial yang dapat membantu menyembuhkan kulit yang meradang karena jerawat dan meningkatkan kesehatannya. Tidak hanya buahnya, namun kulitnya juga bisa kamu gunakan untuk meredakan jerawat di wajahmu. Caranya cukup mudah, cukup oleskan kulit pisang ke jerawat yang memerah di wajah.

Itulah beberapa buah yang bisa membantumu meredakan jerawat. Namun agar jerawat di wajahmu bisa teratasi dengan cepat, kamu tidak bisa hanya mengandalkan buah-buahan saja. Kamu juga harus menggunakan produk skincare yang tepat serta menjalankan pola hidup yang sehat ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading