Sukses

Health

Cara Kerja Gula Meningkatan Kerutan dan Jerawat di Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Gula jadi salah satu bahan makanan yang ditakuti namun sulit dihindari. Terutama untuk orang yang sedang diet gizi seimbang atau orang dengan masalah kulit tertentu seperti jerawat yang meradang. 

Gula pasir, gula rafinasi, dan jenis karbohidrat sederhana seperti roti putih dan soda mengandung glisemik tinggi, yang dengan cepat akan berubah diproduksi jadi gula dalam tubuh. Makanan berglisemik tinggi akan meningkatkan kadar insulin, bahkan bisa melonjak secara drastis yang menyebabkan ‘ledakan peradangan di seluruh tubuh’. 

Peradangan akan menghasilkan enzim yang mencegah pertumbuhan kolagen dan elastin. Bahan yang dibutuhkan untuk membantu kekencangan dan kelembapan kulit.

Efek jangka panjangnya akan mengakibatkan kulit kendur dan berkerut. Gula yang telah dicerna secara permanen akan menempel pada kulit kamu melalu proses yang dikenal dengan istilah glikasi.

Solusi Pengganti Gula

Selain akan meningkatkan efek penuaan dini, glikasi juga dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea. Dan, semakin banyak gula dikonsumsi, semakin besar kemungkinan kamu mengembakan resistensi insulin, yang akan dapat bermanifestasi sebagai pertumbuhan rambut (hirsutisme) dan juga bercak hitam di leher dan lipatan di seluruh tubuh kamu.

Memahami tentang indeks flikemik, skala glikemik yang bisa menentukan seberapa cepat kadar gula naik setelah mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi, ( karenannya ada label glikemik tinggi dan rendah), merupakan kunci untuk membuat pilihan yang tepat untuk kulit kamu terkait gula.

Sebuah penelitain studi tahun 2002 yang diterbitkan oleh Archives of Dermatology menunjukan bukti kuat bahwa makanan tertentu akan menyebabkan munculnya jerawat. Memperhatikan bahwa jerawat pada dasarnya merupakan penyakit, para peneliti mempelajari orang Paraguay Timur ( orang yang makan makanan nabati segar dan daging tanpa lemak yang mereka pelihara dan mengantikan gula ke Stevia) dan tidak melihat jerawat satupun di wajah mereka.

Jika kamu tidak bisa mengucakan selamat tinggal pada makanan manis, ada opsi lain yang bisa dicoba untuk menggantinya. Salah satunya dengan Drip Sweet stevia, untuk semua minuman dan makanan manis yang akan memuaskan sweet tooth kita.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading