Sukses

Food

Resep Risol Mayo, Camilan Gurih yang Bisa Jadi Ide Jualan

Fimela.com, Jakarta Camilan adalah makanan ringan yang dimakan di antara waktu makan. Terkadang dimakan sebelum makan atau bisa juga sebelum makan. Camilan biasanya berupa makanan yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu mengenyangkan. Oleh karena itu camilan bisa dimakan sebelum makan makanan utama.

Salah satu camilan yang menjadi favorit banyak orang adalah risol mayo. Cara membuatnya ternyata cukup mudah lho, Sahabat Fimela. Kalau kamu berencana menjual camilan, risol mayo bisa jadi ide yang bagus untuk memulai usahamu. Yuk simak resepnya berikut ini.

Resep Risol Mayo

Bahan-bahan:

  • 10 buah kulit lumpia instan
  • 5 buah sosis
  • 5 lembar keju
  • 4 butir telur rebus
  • Mayones secukupnya
  • Mentega secukupnya

Bahan pelapis:

  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 kg tepung roti
  • Tepung terigu secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan kulit lumpia, semprot dengan air, lalu tutup menggunakan lap basah sampai kulit lembap dan mudah dibentuk.
  2. Potong sosis menjadi 4 bagian seukuran panjang risol. Lakukan juga pada keju dan telur rebus.
  3. Tumis sosis dengan mentega hingga matang, namun jangan terlalu kering.
  4. Ambil kulit lumpia, isi dengan sosis, keju, telur, dan mayones. Setelah itu, lipat hingga semua bahan habis.
  5. Untuk lapisan, larutkan tepung terigu, campur dengan air dan sedikit garam. Pastikan tidak terlalu cair atau kental.
  6. Ambil risol mayo yang sudah dibentuk, lalu celupkan ke larutan tepung, kemudian gulingkan di tepung roti. Lakukan hingga semua bahan habis.
  7. Simpan risol mayo di suhu ruang atau di kulkas selama 30 menit.
  8. Goreng risol mayo hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Risol mayo siap disantap dengan sambal atau saus favoritmu. Kulit risol memang cukup tipis, jadi rawan sobek. Nah perhatikan tips berikut ini agar kulit risol yang kamu buat tidak mudah sobek.

Cara Agar Kulit Risol Tidak Mudah Sobek

Sebenarnya kamu bisa saja menggunakan kulit lumpia untuk membuat risol. Jauh lebih praktis daripada membuat sendiri. Namun terkadang kulit lumpia terlalu tipis dan membuatnya mudah sobek. Nah kalau kamu mempertimbangkan untuk membuat kulit risol sendiri, perhatikan tips-tipsnya berikut ini:

1. Campur dengan tepung tapioka

Bahan-bahan membuat kulit risoles cukup sederhana, yakni terdiri dari tepung terigu, telur, garam, mentega cair, dan air. Agar semakin lentur dan tidak mudah sobek, kamu bisa tambahkan tepung tapioka.

 

Perbandingannya, jika kamu menggunakan sekitar 200 gram tepung terigu maka cukup campur dengan satu sendok makan tepung tapioka.

2. Saring adonan

Sebelum adonan diaduk, usahakan untuk menyaringnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar adonan lebih mulus dan merata.

3. Diamkan adonan

Sebelum dimasak, sebaiknya diamkan adonan dulu. Tidak perlu lama-lama, cukup sekitar 10-20 menit saja. Mendiamkan adonan bertujuan agar adonan lebih lentur ketika dimasak.

4. Buat adonan yang tipis

Selanjutnya, jika adonan sudah disaring, tuang adonan kulit risoles ke atas wajan anti lengket. Baca juga: Resep Risoles Ragout Ayam, Camilan Gurih yang Populer Lalu ratakan adonan serata dan setipis mungkin. Semakin tipis kulit risoles maka akan semakin lentur ketika digulung nantinya. Alhasil kulit tidak akan mudah robek. Selain itu, jika adonan kulit terlalu tebal juga bisa menyebabkan risoles jadi lebih padat dan kaku ketika digulung.

 

 

5. Cukup simpan di kulkas

Jika kamu membuat risol mayo untuk konsumsi pribadi, maka buatlah adonan sebanyak yang kamu butuhkan untuk sekali makan saja. Namun kalau risol mayo tersebut nantinya akan kamu jual, pastinya kamu butuh lebih banyak adonan untuk membuat kulit risol. Nah sebaiknya simpan kulit risol tersebut di kulkas saja, bukan di freezer. Penyimpanan kulit risol di freezer akan membuat kulit risol jadi basah ketika dimasak dan lebih mudah sobek.

Itulah resep risol mayo yang bisa kamu ikuti untuk ide jualan beserta tips membuat kulit risol anti sobek. Yuk dicoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading