Sukses

Food

Cara Membuat Telur Dadar yang Tidak Gampang Kempes

Fimela.com, Jakarta Telur dadar selalu bisa jadi pilihan lauk yang mudah dibuat dan enak. Bisa dinikmati untuk melengkapi ragam masakan atau menu lainnya. Dengan satu butir telur dan sejumput garam, kita sudah bisa membuat telur dadar sederhana.

Kalau sudah mulai bosan dengan telur dadar yang biasa saja, kini saatnya membuat telur dadar yang lebih spesial. Ada cara membuat telur dadar yang lebih padat dan tidak gampang kempes saat dingin. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tambahkan Tepung Beras

Untuk 3 butir telur ayam, kita bisa menambahkan 3 sdm tepung beras. Tepung beras ini bisa memberi tekstur yang lebih padat dan tebal pada telur dadar. Selain bumbu seperti garam, cabai dan bawang yang dihaluskan, serta lada bubuk dan ketumbar bubuk, tepung beras bisa ditambahkan ke kocokan telur.

 

 

2. Tambahkan Kelapa Parut Sangrai atau Irisan Kentang Rebus

Agar cita rasa telur dadar lebih gurih, tambahkan kelapa parut sangrai. Untuk porsi 3 telur ayam, bisa tambahkan 5 sdm kelapa parut ke kocokan telur dan bumbu. Aroma telur dadar jadi lebih menggugah selera dengan penambahan kelapa parut sangrai ini.

Kalau tidak ada kelapa parut sangrai, bisa pakai irisan kentang rebus. Menambahkan irisan kentang rebus ke kocokan telur bisa menciptakan tekstur telur dadar yang lebih lembut sekaligus padat. 

 

 

3. Goreng dengan Api Kecil

Setelah semua bahan telur, bumbu, tepung beras, dan kelapa parut sangrai/irisan kentang dicampur, panaskan minyak dengan api sedang. Ketika minyak sudah panas, kecilkan api. Lalu goreng telur dengan api kecil. Tutup wajan dan masak hingga satu sisi matang. Setelah satu sisi matang dan mulai kokoh, baru balik dan masak hingga semua sisinya matang. Telur dadar yang sudah matang bisa dipotong sesuai selera.

Telur dadar yang tebal dan padat bisa jadi lauk untuk dinikmati dengan nasi putih. Bisa juga jadi pelengkap ragam menu dan masakan lain.

Semoga tips dan informasi ini bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading