Sukses

Food

Mengenal 5 Jenis Rimpang yang Paling Sering Digunakan dalam Bumbu Masak

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang hobi masak, tentu sudah tak asing lagi dengan berbagai jenis bumbu masak. Ada banyak bumbu dapur yang siap membuat setiap masakan kita memiliki cita rasa dan aroma makin lezat. Seperti yang kita tahu, masakan khas Indonesia juga memiliki ciri khas sendiri antara lain adalah bumbunya melimpah. 

Masakan Indonesia juga dibuat dengan bumbu rempah yang beragam sehingga menghasilkan masakan menggugah selera. Adapun bumbu rempah tersebut mulai dari yang berbentuk butiran, daun, rimpang hingga akar-akaran. 

Kali ini, mari kita mengenal lebih dekat mengenai bumbu masak dalam bentuk rimpang. Apa saja kira-kira? Simak baik-baik yang berikut ini.

Kunyit

Rimpang yang paling sering digunakan untuk bumbu masak ada kunyit. Kunyit memberi warna kuning yang cantik pada setiap masakan kita. Kunyit juga sebagai rimpang yang memberikan cita rasa serta aroma harum khas. Kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami setiap masakan khas tanah air. Adapun masakan dengan bumbu kunyit antara lain lodeh, kare, soto, pepes, nasi kuning, gulai dan masih banyak lagi. 

Jahe

Rimpang selanjutnya yang sering digunakan sebagai bumbu masak ada jahe. Jahe memiliki aroma harum yang biasa digunakan dalam masakan ikan atau daging. Fungsinya untuk menetralisir bau amis dari masakan yang berbahan dasar ikan maupun daging. Selain dibuat bumbu masak, jahe juga kerap dijadikan minuman atau obat alami untuk beberapa masalah kesehatan.

Lengkuas

Lengkuas adalah rimpang dengan aroma wangi khas. Rimpang satu ini menjadi salah satu rimpang yang wajib ada di setiap masakan khas Indonesia. Bentuknya lebih besar dari rimpang lain. Teksturnya pun lebih alot dan keras. Adapun masakan dengan lengkuas di dalamnya mulai dari masakan berkuah (soto, gulai, lodeh) dan masakan berbahan dasar ayam pun daging.

Kencur

Kencur adalah bumbu masak yang kerap dimanfaatkan sebagian besar masyarakat. Kencur dengan aroma harum khas, juga wajib ada dalam bumbu urap. Bentuk kencur lebih kecil dan bulat jika dibandingkan rimpang lain. Teksturnya juga lebih renyah. Masakan lain dengan bumbu kencur antaranya seblak, peyek, mangut ikan, pecel dan sayur bobor.

Kunci

Ini adalah rimpang yang juga cukup sering digunakan untuk menambah aroma lezat pada setiap masakan. Temu kunci bentuknya mirip kencur dan jahe tapi ada bagian yang memanjang dengan aroma wangi khas. Warna kunci cenderung kekuningan tapi tak sekuning rimpang kunyit. Adapun masakan dengan tambahan kunci antaranya sayur bening, gulai, soto dan sop.

Itulah sedikitnya lima rimpang yang paling sering digunakan untuk bumbu masakan. Selain sebagai bumbu masakan, rimpang di atas juga dipercaya bisa bermanfaat sebagai obat alam untuk beberapa jenis penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading