Sukses

Food

Kaya Zat Gizi, Buah-Buahan Ini Cocok Banget Disajikan Saat Sarapan

Fimela.com, Jakarta Menu sarapan memang baiknya yang mengandung zat gizi lengkap. Bukan saja sumber karbohidrat, lauk-pauk sumber protein dan sayuran, tetapi kalau bisa juga menyajikan buah-buahan. Ini karena ada banyak vitamin, mineral esensial hingga antioksidan dalam buah-buahan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Begitu juga dengan beberapa buah-buahan di bawah ini, tak hanya menyegarkan tetapi juga mengandung beragam zat gizi, sehingga cocok banget disajikan saat sarapan. Penasaran ada buah-buahan apa saja?

Buah Pisang

Pisang banyak dimanfaatkan sebagai menu sarapan bergizi. Buah satu ini juga banyak dijadikan camilan siang hari untuk mengganjal perut. Pisang mengandung pati resisten yang tak bisa dicerna tubuh, sehingga membuat pergerakan usus lebih lambat.

Hasilnya, perut jadi tak cepat lapar. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang tinggi. Hal ini membuat pisang dapat diandalkan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Jika ingin olahraga di pagi hari, pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan selingan sumber energi.

Buah Apel

Beberapa orang suka makan apel sarapan, hal itu pun pilihan yang bagus. Pasalnya, apel kaya vitamin B yang berperan penting dalam mengubah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi.

Hal ini akan membuat produksi energi untuk beraktivitas di pagi hari menjadi lebih cepat. Tubuh juga menjadi lebih bertenaga, bila makan apel saat sarapan. Meski kandungan zat gizinya beragam, tetapi kalori apel juga cukup rendah, sehingga cocok pula dijadikan camilan.

Buah Alpukat

Selanjutnya ada buah alpukat yang mengandung lemak sehat berupa asam lemak tak jenuh tunggal atau MUFA. Bukan itu saja, alpukat juga mengandung vitamin esensial, seperti folat, vitamin B6, vitamin A dan vitamin E.

Menariknya lagi, alpukat juga mengandung sekitar 14 gram serat dalam setiap buah ukuran sedang, sehingga bisa memenuhi hampir setengah dari kebutuhan serat harian. Pentingnya memenuhi kebutuhan serat harian untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.

Buah Kiwi

Ada pula buah kiwi. Buah ini disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari. Kenapa? Karena dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin dan mineral dalam sistem pencernaan.

Padukan buah kiwi ini dengan sereal saat sarapan, agar bisa menambahkan asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika rutin dikonsumsi, dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, kadar zat besi yang cukup dalam tubuh dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

Buah Pepaya

Jika sering mengamati sajian sarapan di hotel, biasanya akan dijumpai buah pepaya dalam meja saji. Bukan tanpa alasan, buah pepaya mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Buah satu ini juga mengandung enzim papain yang dapat mencegah kerusakan kulit. Di dalamnya juga kaya serat, vitamin C dan antioksidan. Beragam kandungan zat gizi tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi penglihatan, mencegah radang sendi, serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

Buah Melon

Di samping pepaya, biasanya buah yang banyak dijadikan sajian sarapan di hotel adalah buah melon. Buah ini mengandung 90% air dan eletrolit yang dibutuhkan tubuh, seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium.

Perpaduan antara air dan mineral yang terdapat dalam buah melon ini dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama jika melakukan aktivitas fisik yang berat. Maka, jangan sampai melewatkan buah melon saat sarapan.

Semua Jenis Buah Beri

Buah-buahan lainnya yang cocok disajikan saat sarapan adalah semua jenis buah beri. Dari blueberi, stroberi, rasberi sampai blackberi. Buah-buahan tersebut mengandung jumlah kalori yang cukup rendah, tetapi tinggi serat.

Di dalamnya juga terkandung antioksdan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kamu bisa menaburkan buah beri ini dalam menu sarapan, seperti sereal, oatmeal, maupun yogurt. Bisa pula dijadikan smoothie beri.

Itulah beberapa buah yang sebaiknya tidak dilewatkan saat sarapan, karena mengandung beragam zat gizi yang baik untuk tubuh. Dengan memasukkan buah-buahan ke dalam menu sarapan, tubuh juga lebih bertenaga saat melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading