Sukses

Food

Resep Creme Brulee, Camilan Khas Perancis Cocok Untuk Pecinta Manis

Fimela.com, Jakarta Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Seperti di Indonesia misalnya. Ada banyak sekali makanan khas Indonesia. Di pulau Jawa saja ada beragam makanan khas yang berbeda-beda, tergantung dengan daerahnya masing-masing. Misalnya di Jawa Tengah ada nasi gandul, makanan khas Yogyakarta adalah gudeg, dan lain sebagainya.

Begitu juga di negara lain. Pasti ada makanan khas dari negara tersebut. Makanan di negara-negara di benua Asia tentu berbeda dengan negara-negara di benua Eropa. Salah satu negara di benua Eropa yang punya banyak makanan khas yang telah mendunia adalah Perancis.

Makanan khas Perancis yang sangat populer adalah roti baguette. Namun sebenarnya ada banyak sekali makanan khas Perancis yang belum banyak dikenal namun rasanya tak kalah enaknya dengan roti baguette.

Salah satunya adalah creme brulee. Camilan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka makan makanan manis. Kalau kamu penasaran bagaimana rasanya, yuk simak resepnya dan coba praktikkan di rumah!

Resep Creme Brulee

Bahan-bahan:

  • 200 ml whipping cream cair
  • 100 ml susu cair plain
  • 3 kuning telur
  • 35 gr gula pasir
  • 1/8 sdt garam (optional)
  • 1 sdt vanilla extract
  • Gula pasir secukupnya untuk membuat caramel

Cara membuat:

  1. Kocok kuning telur, gula pasir, dan garam hingga rata. Sisihkan.
  2. Panaskan whipping cream dan susu hingga pinggirannya berbuih. Matikan api.
  3. Tuang sampai habis campuran cream ke dalam campuran kuning telur sedikit demi sedikit sambil dikocok, agar telur tidak berubah menjadi telur orak-arik. Tambahkan vanilla, lalu aduk rata.
  4. Masukkan campuran tersebut ke dalam wadah tahan panas sambil disaring agar hasilnya halus.
  5. Letakkan wadah cream tersebut di dalam loyang, lalu isi dengan air panas sampai ketinggian 1 cm.
  6. Panggang dalam loyang yang sudah dipanaskan dengan suhu 160’C. Panggang selama 30-40 menit. Setelah matang, bagian pinggirnya sudah agak padat, tapi bagian tengah masih bisa digoyang-goyangkan.
  7. Simpan di dalam kulkas minimal 3 jam. Beri taburan gula pasir secukupnya. Jangan tebal-tebal agar mudah dipecahkan nantinya.
  8. Panaskan dengan torch hingga bagian atasnya mengeras menjadi caramel.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading