Sukses

Food

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Dewasa

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan otak merupakan kemampuan untuk belajar, memahami, berpikir, berbicara, dan menyelesaikan masalah secara efektif. Kemampuan ini berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan otak dari masa bayi hingga dewasa.

Dilansir dari National Institutes of Health, otak terus mengalami perkembangan sejak dalam kandungan hingga setelah kelahiran. Selama pertumbuhan manusia, saraf-saraf pada otak dan jaringan otak lainnya terus berkembang dan terhubung satu sama lain melalui pembentukan jaringan saraf yang kompleks.

Proses pembentukan jaringan saraf ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor nutrisi. Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting untuk memelihara kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Pada masa dewasa, kecerdasan otak dapat terus berkembang melalui latihan otak yang teratur, seperti belajar hal baru, memecahkan masalah, dan mengembangkan keterampilan baru. Selain itu, pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat yang teratur memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan otak dewasa.

Berikut ini adalah makanan sehat yang dapat meningkatkan kecerdasan otak pada orang dewasa.

1. Ikan Salmon

Dilansir dari Healthline, ikan salmon merupakan sumber omega-3 yang sangat baik. Omega-3 dikenal sebagai asam lemak esensial yang penting untuk memelihara kesehatan otak.

Omega-3 dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mengurangi risiko depresi, dan memperbaiki daya ingat. Konsumsi ikan salmon secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan memperkuat kemampuan kognitif.

Buah dan sayur yang mengandung antioksidan efektif meningkatkan kecerdasan otak

2. Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Antioksidan dari buah-buahan sangat penting untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Selain itu, buah-buahan yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan memperbaiki daya ingat.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung vitamin B, folat, dan antioksidan yang sangat baik untuk otak. Antioksidan dan folat dari sayuran hijau efektif membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan memelihara kesehatan sel-sel saraf.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin K, folat, dan vitamin B. Lemak sehat yang terkandung di dalam alpukat efektif membantu meningkatkan konsentrasi dan memperkuat daya ingat. Selain itu, folat dan vitamin B pada alpukat juga sangat penting untuk memelihara kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein dan nutrisi yang sangat baik untuk otak. Telur mengandung kolin yang sangat penting untuk memelihara kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B12 yang dapat membantu meningkatkan energi dan konsentrasi.

Memelihara kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif dengan konsumsi yogurt yunani

6. Yogurt Yunani

Dilansir dari Medical News Today, yogurt yunani mengandung probiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Kesehatan saluran pencernaan yang baik dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi yang diperlukan untuk otak. Selain itu, yogurt Yunani juga kaya akan protein dan kalsium yang sangat baik untuk memelihara kesehatan otak.

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari, biji bunga matahari, dan biji chia mengandung asam lemak omega-3, protein, dan serat yang sangat baik untuk otak. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan konsentrasi dan memperkuat daya ingat. Sementara protein dan serat pada kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan energi dan menjaga kesehatan otak.

Demikian makanan sehat yang dapat meningkatkan kecerdasan otak pada orang dewasa. Makanan yang disebutkan di atas dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan memperkuat kemampuan kognitif. Selain menjaga pola makan sehat, jangan lupa untuk seimbangkan dengan tidur yang cukup dan olahraga secara teratur. 

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading