Sukses

Health

7 Cara Memiliki IQ Tinggi Meski Sudah Tidak Muda Lagi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan manusia selalu bisa berkembang, tergantung bagaimana kita mengasah atau melatihnya setiap hari sepanjang hidup. Otak cerdas tidak hanya diwarisi secara genetik tapi juga harus didapatkan dengan pembiasaan yang baik. Kebiasaan apa yang bisa membuat otak cerdas dan IQ tinggi? Ini beberapa cara memiliki IQ tinggi meski sudah tak muda lagi.

1. Hobi membaca buku

Mulailah memiliki hobi membaca buku jika sebelumnya belum pernah. Membaca selalu mampu melatih otak lebih baik, bukan hanya dalam hal berpikir tapi juga mengingat dan menyimpan informasi, bahkan ada lebih banyak sel otak yang bekerja ketika kita membaca buku, misalnya bagian otak yang berhubungan dengan pengelolaan bahasa, kosakata dan juga nalar, imajinasi serta emosi. Buku selalu penuh dengan pengetahuan, bahkan yang berupa novel fiksi.

2. Punya teman-teman cerdas

Kelilingi dirimu dengan teman-teman yang mampu memberi manfaat, terutama membuatmu lebih cerdas dari sebelumnya. Berkumpul dengan banyak orang-orang cerdas akan secara alami mendorongmu menemukan dan memahami hal-hal baru. Kamu bisa belajar banyak dari siapa saja, tapi akan lebih baik jika memiliki teman-teman yang positif dan cerdas secara intelektual dan emosional.

3. Tidur yang cukup

Mengurangi kebiasaan begadang dan mengutamakan tidur cukup di malam hari sangat berpengaruh terhadap IQ tinggi dan kecerdasan otak. Malam hari adalah waktu paling optimal sel-sel otak melakukan regenerasi dan itu dilakukan ketika kita tidur. Kurang tidur, kelelahan sepanjang waktu, dan stres berlebihan dapat mengurangi kapasitas otak, susah bagi otak untuk belajar dan berkembang. Jika otak memiliki waktu untuk meregenerasi sel-sel di dalamnya, secara alami kecerdasan otak juga akan terjaga sehingga IQ lebih tinggi meskipun sudah tidak muda lagi.

4. Menulis buku harian

Menulis diary atau buku harian adalah cara sederhana tapi efektif dalam menjaga IQ tinggi karena mencatat atau menuliskan segala hal yang ada di kepalamu, mau itu ide-ide, ingatan tentang hari ini atau pun opinimuterhadap sesuatu, akan selalu mampu membantumu memperbaiki caramu berpikir. Kamu merekam apa yang terlintas di kepalamu, tapi nanti ketika kamu membacanya lagi, itu akan membuatmu mengolah informasi yang kamu tuliskan lagi. Menulis juga membantu kecerdasan otak berkembang bahkan tanpa kamu sadari karena kamu secara alami akan memutar otak untuk menggunakan kata-kata yang mungkin jarang kamu ucapkan.

5. Olahraga rutin

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga membantu menjaga fungsi otak optimal. Ketika kita aktif secara fisik, aktivitas meningkat di hippocampus, yaitu bagian otak yang mendorong pertumbuhan neuron yang dapat meningkatkan fungsi otak. Olahraga juga membantu meremajakan sel-sel tubuh, termasuk otak. Ketika olahraga, pernapasan menjadi lebih baik, asupan oksigen optimal dan disalurkan ke dalam otak. Secara otomatis, oksigen akan melancarkan perdaran darah dan membuat otak bekerja lebih baik dalam mengingat dan belajar.

6. Belajar melakukan sesuatu dengan tangan kiri

Jika kamu tidak terlahir kidal, maka latih tangan kirimu untuk melakukan kegiatan yang baisa dilakukan tangan kanan. Mulai saja dengan aktivitas sederhana seperti menggosok gigi, mengancingkan baju atau menyisir rambut. Cara ini akan membantu mendorong otakmu bekerja lebih baik karena melakukan di luar kebiasaan. Ini juga akan memicu adrenalin atau perasaan tertantang di dalam dirimu sehingga otakmu akan mencari cara untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

7. Makan makanan untuk otak

Rajinlah makan sayur dan buah, tapi lebih penting lagi jika kamu bisa membiasakan diri makan makanan yang bagus untuk mendukung kecerdasan otak seperti mencukupi kebutuhan antioksidan, asam fokat dan asam lemak omega-3. Nutrisi ini bisa didapat dari telur, ikan, kacang kenari, cokelat hitam, brokoli, kembang kol, kacang-kacangan/biji-bijian dan bahkan kopi. Makanan bernutrisi tinggi mampu memperkuat kesehatan dan kecerdasan otak.

Itu dia cara memiliki IQ tinggi dan kecerdasan otak tetap pria meski usia sudah tak lagi muda.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading