Sukses

Food

5 Tips Menyimpan Kue Kering agar Tetap Renyah dan Tidak Melempem

Fimela.com, Jakarta Sedang mencari tips menyimpan kue kering agar tetap renyah dan tidak gampang melempem? Ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui dan dipahami. Apalagi bagi yang akan menyimpan kue kering tetap renyah hingga Lebaran, berikut ini ada beberapa tips praktis yang bisa dicoba.

Lima cara dan tips ini bisa mudah. Bisa langsung dicoba di rumah. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya berikut ini.

 

 

1. Pastikan Kue Sudah Dingin Lebih Dulu

Sebelum memasukkan kue ke dalam stoples, pastikan kue kering sudah benar-benar dingin. Pastikan sudah tidak ada uap panasnya. Kue kering yang baru keluar dari oven dan masih panas cenderung rentan, dan kalau langsung disimpan di dalam stoples nantinya akan gampang lembek.

 

 

2. Pastikan Penutupnya Rapat

Pilih stoples kedap udara. Pastikan penutupnya benar-benar rapat agar udara tidak masuk ke dalam stoples. Rekatkan dengan selotip di tepian penutupnya bila perlu agar kue bisa tetap awet renyah dan tidak gampang melempem.

 

 

3. Masukkan Silica Gel

Selain menggunakan stoples kedap udara yang bersih, bisa juga memasukkan silica gel ke dalamnya. Silica gel bisa ditambahkan atau dimasukkan ke dalam stoples saat menyimpan kue kering di dalamnya untuk menyerap kelembapan dalam stoples. Pilih silica gel yang khusus untuk makanan (food grade) agar aman untuk penyerap kelembapan.

 

 

4. Untuk Kue Bertekstur Ngeprul, Pilih Stoples Rendah

Untuk kue kering bertekstur ngeprul seperti nastar dan kastengel bisa disimpan dalam stoples rendah. Bisa pakai stoples plastik yang tidak terlalu tinggi untuk menyimpannya agar kue tidak gampang hancur atau remuk. Stoples tinggi bisa digunakan untuk menyimpan kue kering yang teksturnya lebih padat seperti kuping gajah.

 

 

5. Lapisi Kertas agar Kue Tidak Menempel Satu Sama Lain

Kue bisa dilapisi dengan kertas roti agar tidak menempel satu sama lain. Penambahan lapisan kertas ini juga bisa bantu menyerap minyak berlebihan yang berasal dari campuran mentega dalam kue. Stoples berisi kue kering bisa disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

Itu tadi lima tips menyimpan kue kering agar tetap renyah yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading