Sukses

Food

5 Tips Memasak Sarden Kaleng yang Enak dan Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Sarden kaleng bisa jadi alternatif lauk yang mudah diolah untuk bantu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian. Dengan tambahan racikan bumbu sederhana, kita pun bisa membuat olahan sarden kaleng yang enak. Agar tidak terlalu amis, kita bisa menambahkan sejumlah bahan tambahan.

Kali ini, Fimela punya lima tips memasak sarden kaleng yang enak untuk dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

 

1. Tambahkan Daun Jeruk dan Jahe

Daun jeruk dan jahe bisa ditambahkan ketika akan memasak sarden kaleng. Jadi, tumis irisan bawang merah dan bawang putih bersama dengan daun jeruk dan jahe yang digeprek hingga aromanya harum. Setelah itu, sarden bisa dimasukkan dan ditambah air secukupnya. Gula, garam, lada, dan penyedap tambahan bisa ditambahkan sesuai selera.

 

 

2. Tambahkan Daun Kemangi

Daun kemangi yang punya aroma kuat juga bisa ditambahkan dalam proses memasak ikan sarden. Tumis bumbu halus bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, ketumbar, merica, jahe, kunyit, dan tomat) sampai matang. Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk rata. Setelah itu, masukkan ikan sarden dan daun kemangi. Bisa tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Aduk rata, angkat dan sajikan.

 

 

3. Tambahkan Lengkuas dan Jahe

Lengkuas dan jahe bisa ditambahkan untuk meminimalisir bau amis ikan sarden kaleng. Haluskan tomat merah, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan jahe. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ikan sarden. Masak hingga meletup-letup. Angkat dan sajikan selagi hangat.

 

 

4. Tambahkan Jahe dan Kunyit

Tumis irisan bawang putih sampai harum. Masukkan ikan sarden. Lalu, tambahkan jahe dan kunyit. Jahe dan kunyit bisa bantu mengurangi bau amis ikan sarden kaleng. Setelah itu, tuang air secukupnya. Tambahkan garam dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

 

 

5. Tambahkan Asam Jawa dan Daun Salam

Iris bawang merah dan bawang putih, lalu tumis sampai harum. Tambahkan cabai, serai geprek, jahe geprek, dan lengkuas. Setelah itu, masukkan sarden kaleng dan sedikit air. Agar baunya tidak terlalu amis, tambahkan asam jawa dan daun salam. Masak dan tambahkan penyedap rasa sesusi selera.

Itu tadi lima tips memasak sarden kaleng yang bisa dicoba. Selamat mencoba dan semangat memasaknya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading