Sukses

Food

Jangan Lewatkan Peluang Bisnis Ramadan: 8 Tips Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan Kuliner Online di Gofood

Fimela.com, Jakarta Perkembangan zaman yang serba delivery merupakan salah satu fenomena yang semakin populer di era digital saat ini. Berbagai jenis produk dan layanan kini dapat diakses dan dipesan secara online, lalu dikirimkan langsung ke rumah.

Hal ini menjadikan pengalaman belanja dan konsumsi semakin mudah dan nyaman. Dilansir dari Forbes, salah satu sektor yang paling terdampak oleh tren delivery ini adalah industri makanan dan minuman.

Dulu, kita harus pergi ke restoran atau kedai untuk menikmati makanan atau minuman yang diinginkan. Akan tetapi, sekarang ini kita sudah dapat dengan mudah memesan makanan atau minuman favorit kita melalui aplikasi pengiriman makanan bahkan makanan dan minuman yang sebelumnya tidak tersedia di wilayah tertentu kini bisa diakses melalui pengiriman.

Di tengah perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat saat ini, platform online food delivery (OFD) Gofood tetap menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mendapatkan makanan favorit mereka khususnya di momen Ramadhan seperti sahur atau buka puasa.

Mengingat momentum Ramadhan yang dianggap menjadi salah satu kesempatan dan peluang besar bagi pebisnis kuliner online untuk menaikkan pendapatannya, GoFood sebagai platform OFD terdepan di Indonesia, tahun ini akan memberikan pelatihan dan edukasi secara daring kepada ratusan mitra usaha kuliner dalam acara Temu KOMPAG (Komunitas Partner GoFood) Akbar.

Dalam acara ini, GoFood akan menghadirkan sejumlah pakar bisnis kuliner seperti Daniel Limas selaku pemilik usaha Garpu Pasta & Pizza sekaligus Mentor GoFood, serta Eddy Sukmana selaku Food Photographer profesional yang akan berbagi beragam pengalaman dan tips untuk meningkatkan penjualan kuliner online selama Ramadan.

Tips dan trik dalam berjualan kuliner online di bulan Ramadhan

“Sesuai komitmen GoFood untuk menjadi mitra terbaik pertumbuhan UMKM, kami senantiasa mendukung para mitrausaha kami untuk memaksimalkan peluang bisnis di setiap kesempatan, termasuk di bulan Ramadhan. Kali ini, kami memberikan ragam edukasi dan tips-tips ringan yang praktikal agar mereka dapat melayani pesanan pelanggan dengan maksimal sambil menumbuhkan bisnisnya. Kami berharap informasi yang kami berikan dapat #LengkapiRamadan mitra usaha kuliner GoFood dalam memanfaatkan platform OFD untuk berjualan secara lebih optimal.” ucap Felicia Wijaya selaku Head of Platform & GoFood Merchant Marketing seperti tertulis dilansir dari Gofood.co.id.

Melalui acara Temu KOMPAG Akbar, para pakar bisnis kuliner akan membagikan seputar tips dan trik dalam berjualan kuliner online di bulan Ramadhan. Berikut 8 tips yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha kuliner online agar jualan makin laris manis, yaitu:

1. Pahami waktu favorit pelanggan selama Ramadhan

Pelaku usaha kuliner perlu mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk berjualan agar usaha laris manis. Hal ini dapat dicermati dari waktu pukul 16:00 - 19:00 dimana para pelanggan akan mulai mencari menu buka puasa dan melakukan transaksi di platform OFD. Oleh karena itu, pastikan pelaku usaha kuliner telah menyediakan stok bahan baku untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Selain itu, waktu sahur (pukul 02:00 - 04:00) bisa menjadi kesempatan bagi pelaku usaha kuliner untuk meningkatkan omzet. Hal ini dikarenakan tidak banyak pelaku usaha kuliner yang membuka resto 24 jam.

2. Jual menu yang paling dicari pelanggan

Selain memahami waktu terbaik untuk berjualan, pelaku usaha kuliner juga perlu mempertimbangkan menu yang mudah diolah. Hal ini bertujuan agar proses dalam pengemasan menu makanan dapat dilakukan dengan cepat sehingga pelanggan tidak menunggu terlalu lama.

Dalam hal ini, pelaku usaha kuliner dapat menjual menu khas berbuka puasa atau biasa disebut takjil seperti es cendol, sop buah, anekagorengan, hingga jajanan pasar. Sebab, makanan inilah yang paling dicari oleh pelanggan selama Ramadhan.

Promosi menjadi kunci utama untuk menarik minat pelanggan

3. Hadirkan paket menu khusus Ramadhan

Untuk menarik perhatian pelanggan, pelaku usaha kuliner disarankan untuk membuat paket hemat seperti paket berbuka + gratis takjil, paket keluarga, paket sahur, paket Ramadhan hemat, atau paket menu traktir driver. Paket hemat seperti ini sangat efektif untuk mengajak pelanggan berbagi kebaikan dan rezeki.

4. Buat promosi dan iklan untuk tarik minat pelanggan

Promosi menjadi suatu hal yang disukai oleh pelanggan karena mereka bisa menikmati menu berbuka maupun sahur dengan harga yang lebih terjangkau. Disamping itu, memasang iklan promosi menjadi cara efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Apabila tertarik untuk mengadakan promosi, pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan fitur ragam promosi melalui aplikasi seperti kampanye promo, diskon menu, maupun kategori iklan yang disediakan oleh platform OFD.

5. Pastikan stok bahan baku aman

Di tengah tingginya pesanan pelanggan, sangat penting untuk memastikan ketersediaan stok bahan baku. Jika membutuhkan stok bahan baku dengan jumlah banyak selama Ramadhan, maka pelaku usaha kuliner dapat berkomunikasi terlebih dahulu dengan supplier untuk memastikan tidak ada kenaikan harga.

6. Persiapkan karyawan cadangan

Meskipun resto sedang dalam kondisi ramai, pelayanan yang diberikan harus berjalan dengan lancar dan maksimal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan karyawan cadangan sebagai antisipasi apabila penjualan sedang meningkat.

7. Buat foto menu yang bercerita dan menggugah selera

Perlu dipahami bahwa 90% informasi yang bersifat visual lebih mudah diingat oleh otak manusia. Foto menu memiliki peran krusial yang menjadi penentu pertama pelanggan dalam membeli atau tidaknya sebuah produk. Oleh karena itu, pelaku usaha kuliner bisa memfoto menu dengan angel yang menarik agar pembeli tertarik untuk membeli makanan tersebut. 

8. Manfaatkan kekuatan media sosial

Saat ini, banyak pelanggan yang mencari rekomendasi resto atau makanan melalui media sosial. Agar semakin menunjang pemasaran resto selama bulan Ramadhan, pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan media sosial sebagai channel untuk menghadirkan konten-konten kreatif mengenai resto atau promo menarik.

Demikian 8 tips yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha kuliner online agar jualan makin laris manis selama bulan Ramadhan.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading