Sukses

Food

5 Tips Membuat Bolu Kukus Supaya Tidak Bau Amis

Fimela.com, Jakarta Bolu kukus merupakan salah satu jenis kue yang cukup mudah untuk dibuat di rumah. Dengan bahan sederhana, kita sudah bisa membuat kue bolu kukus yang empuk. Hanya saja kadang kalau pakai telur, bolu kukus yang dihasilkan agak berbau amis.

Namun, jangan khawatir. Berikut ini ada sejumlah tips membuat bolu kukus supaya tidak bau amis yang bisa langsung dicoba di rumah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Gunakan Bahan Pengembang

Kalau mau membuat kue bolu kukus yang tidak amis, bisa gunakan bahan pengembang sebagai ganti telur. Bolu kukus tanpa telur akan bebas dari bau amis. Bahan pengembang yang bisa digunakan bisa pakai baking powder, baking soda, maupun SP, Ovalet, atau TBM.

 

 

 

 

2. Tambahkan Aroma Vanila

Bisa gunakan vanili, baik bubuk maupun cair, ke dalam kocokan telur atau adonan. Ketika mengocok telur dan gula bisa tambahkan vanili agar tidak bau amis. Selain itu, kue bolu akan memiliki aroma yang lebih segar dan wangi pakai vanila.

3. Gunakan Telur Segar

Pilih telur yang kualitasnya bagus. Pakai telur yang segar. Sebab telur yang sudah lama biasanya bertekstur encer dan pecah, selain itu bau amisnya lebih tajam. Jadi, ketika menggunakan bahan telur pastikan kualitasnya benar-benar baik.

 

 

4. Tambahkan Bahan Beraroma Kuat

Air perasan jeruk lemon, pisang, kayu manis, pasta pandan, kopi, atau jahe bisa ditambahkan sesuai kebutuhan dalam membuat kue bolu kukus. Sesuaikan dengan kebutuhan dan takaran bahan lain agar hasil kue bolunya lebih enak dan tidak bantat.

 

5. Adonan Telur Dikocok Sampai Putih Kental Berjejak

 

Bahan telur, gula, vanili, dan pengembang (bila perlu) bisa dikocok dengan mixer berkecepatan tinggi. Usahakan teksturnya sampai putih kental berjejak. Adonan telur yang dikocok sampai mengembang ini nantinya bisa membuat kue bolu bebas bau amis.

Itu tadi lima tips membuat bolu kukus supaya tidak bau amis yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading