Sukses

Food

7 Tips dan Cara agar Kue Nastar Tidak Melebar saat Dipanggang

Fimela.com, Jakarta Kue nastar hasil buatan sendiri bisa terasa lebih spesial. Kita pun bisa memastikan bahan-bahan terbaik untuk dipakai demi mendapatkan kue nastar yang lembut dan tidak eneg. Hanya saja kadang permasalahan yang kerap dihadapi saat membuat nastar adalah teksturnya yang melebar saat dipanggang.

Agar kue nastar tidak melebar dan tidak retak, berikut ini sejumlah cara dan tips yang bisa disimak. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

 

 

1. Kocokan Telur dan Tepung Diuleni dengan Spatula

Bahan seperti kuning telur, gula, dan mentega atau margarin bisa dikocok dengan mixer selama sekitar 5 menit. Setelah itu, kocokan telur ini bisa dicampur dan diuleni dengan tepung terigu pakai spatula. Gunakan spatula anti lengket untuk mencampur adonan hingga tidak lengket dan mudah dibentuk. Proses ulen ini tak perlu terlalu lama.

 

 

2. Gunakan Isian Selai yang Kesat

Hindari selai yang terlalu berair untuk isian kue nastar. Selai nanas yang terlalu berair bisa memengaruhi tekstur adonan kue. Sehingga bisa membuat kue jadi mudah retak dan melebar saat dipanggang. Jika mau menggunakan selai nanas buatan sendiri, usahakan warnanya sampai kuning tua dan kesat. Isian selai yang kesat bisa membuat kue tetap kokoh saat dipanggang.

 

 

 

3. Pastikan Tekstur Adonan Tidak Lembek

Adonan yang terlalu lembek, nantinya ketika dipanggang, permukaannya bisa pecah dan retak. Usahakan takaran mentega dan tepung tepat. Salah satu patokannya adalah usahakan adonan tidak lengket di tangan ketika akan dibentuk. Kalau masih lengket di tangan dan lembek, perlu menakar ulang agar hasilnya sempurna. Bentuk adonan bulat-bulat mulus dan padat agar tidak melebar atau retak ketika dipanggang. Kalau pakai cetakan, usahakan bentuknya mengikuti cetakan dan padat supaya hasilnya bagus.

 

 

4. Olesi Kue setelah Dipanggang

Kue nastar perlu dipanggang dulu selama 10 menit baru kemudian diolesi dengan kuning telur. Dengan kata lain, kue nastar dipanggang setengah matang terlebih dahulu sebelum diolesi. Biarkan dingin, lalu olesi permukaan kue dengan kuning telur.

 

 

5. Olesi Permukaan Kue Sampai Bagian Bawahnya

Usahakan olesi permukaan nastar sampai bagian bawah yang menyentuh loyang agar warna kuningnya cantik merata. Selain warnanya jadi lebih cantik, nantinya kue nastar juga tidak gampang retak.

 

 

6. Ulangi Proses Pengolesan Kue

Memang butuh kesabaran ekstra untuk membuat kue nastar yang cantik dan tidak melebar. Setelah diolesi satu kali, kue nastar bisa dipanggang sekitar 10 menit. Setelah itu, ulangi lagi proses pengolesan permukaan kue dengan bahan kuning telur. Lalu, panggang kembali hingga matang merata.

 

 

7. Hindari Gula Berlebihan

Takaran gula untuk adonan kue jangan sampai berlebihan. Adonan yang terlalu banyak gula rentan melebar dan retak saat dipanggang. Selain itu, bisa juga tambahkan sedikit tepung maizena (atau sesuai resep) agar tekstur bisa lebih ngeprul saat sudah matang.

Itu tadi sejumlah tips dan cara agar kue nastar tidak melebar saat dipanggang. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading