Sukses

Food

4 Tips agar Goreng Ikan Tidak Lengket di Wajan

Fimela.com, Jakarta Sedang mencari tips agar goreng ikan tidak lengket di wajan yang memudahkanmu dalam membuat olahan ikan yang digoreng? Kali ini, Fimela punya sejumlah kiat sederhana yang bisa dicoba. Dengan memperhatikan hal-hal berikut ini kita bisa menghasilkan ikan goreng yang enak dan tidak lengket di wajan.

Selengkapnya, langsung saja simak empat tipsnya berikut ini. Semoga ini bisa menjadi solusi atas masalah yang kerap dialami saat menggoreng ikan.

 

 

1. Ikan Ditepungi

Kalau memungkinkan, cobalah untuk membalut ikan dengan tepung atau adonan tepung. Setelah ikan dibumbui atau siap digoreng, balutkan tepung kering ke tubuh ikan. Membalut ikan dengan tepung juga akan membuat ikan goreng kering tahan lama. Selain itu, ini juga membuat ikan bagian luar lebih renyah dan krispi.

 

 

2. Pastikan Minyak Sudah Benar-Benar Panas

Memasukkan ikan di wajan dengan minyak yang masih dingin atau hangat sangat memungkinkan ikan jadi lengket hingga hancur. Jadi, usahakan minyak sudah benar-benar panas sebelum ikan digoreng. Kalau minyak belum panas nantinya akan membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak saat matang. Sebelum memasukkan ikan ke minyak panas, bisa teteskan butiran adonan tepung. Kalau sudah mulai muncul suara mendesis dan tampak mengapung berarti minyak sudah panas.

 

 

3. Usahakan Wajan Bebas dari Sisa Makanan

Gunakan wajan yang benar-benar bersih. Hindari wajan yang masih ada sisa makanannya. Sisa makanan yang masih menempel di wajan bisa membuat ikan lengket saat digoreng di wajan yang sama.

 

 

4. Ikan Baru Dibalik saat Satu Sisinya Kering

Jangan buru-buru membalik ikan yang digoreng. Tunggu sampai satu sisi bagiannya tampak kering. Setelah itu, baru balik dan goreng hingga semua bagian matang. Membalik ikan saat ikan masih basah atau mentah akan membuatnya rentan lengket dan hancur.

Selain itu, dalam proses penggorengan sebisa mungkin gunakan api sedang. Itu tadi empat tips sederhan yang bisa dicoba agar ikan tidak lengket saat digoreng. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading