Sukses

Food

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan merupakan bulan bagi umat Muslim untuk fokus beribadah dan mempererat hubungannya dengan Tuhan. Kewajiban umat Muslim saat Ramadan, salah satunya adalah berpuasa. 

Puasa bukan melulu tentang menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan emosi dan berbuat kebaikan selama bulan Ramadan. Sebelum berpuasa, umat Muslim mengawalinya dengan makan sebelum fajar atau sahur. Lalu, akan kembali makan dengan membuka puasa setelah matahari terbenam. 

Supaya puasa dapat berjalan dengan lancar, penting bagi kamu untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terutama saat sahur karena untuk mencegah terjadinya sakit atau batal puasa. Pastikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi adalah makanan yang sehat dan dapat memberikan energi untuk tubuh selama berpuasa. Namun, terdapat beberapa makanan dan minuman yang harus kamu hindari selama berpuasa, melansir dari onepathnetwork.com, apa saja?

Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Makanan goreng

Tentu makanan goreng adalah makanan pokok yang biasanya akan dikonsumsi selam Ramadan, terutama untuk berbuka. Namun, perlu kamu ketahui bahwa makanan tersebut dapat memberikan dampak bagi kesehatan karena tingginya kalori, lemak, dan natrium yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan tekanan darah tinggi. 

Makanan olahan

Keripik, kue, dan makanan ringan lainnya harus dihindari selama puasa karena memiliki kadar garam, gula, dan lemak tidak sehat yang tinggi sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan, tekanan darah tinggi, dan penyakit lainnya.

Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat puasa akan membuat kamu mulas dan mengalami gangguan pencernaan lainnya sehingga dapat membuat tubuh menjadi lemas ketika berpuasa. 

Minuman Manis

Mengonsumsi minuman manis yang tinggi gula akan menyebabkan penambahan berat badan dan gangguan pada pencernaan sehingga sebaiknya kamu menghindari minuman seperti soda atau minuman berenergi.

Minuman yang mengandung kafein

Kafein dapat menyebabkan dehidrasi sehingga hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka

Dilansir dari dailytrust.com, terdapat beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur:

  1. Makanan dengan karbohidrat sederhana atau olahan seperti gula, tepung putih, kue kering, donat, dan sereal hanya memberikan kepuasan atau rasa kenyang selama tiga hingga empat jam saja. Selain itu, kandungan nutrisi pentingnya juga rendah sehingga kurang dapat memberikan energi untuk berpuasa.
  2. Makanan Asin. Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh akan membuat tubuh kamu menjadi sangat haus saat berpuasa sehingga hindari makanan asin atau berbumbu tinggi serta makanan yang mengandung kecap.
  3. Minuman Berkafein. Kopi, teh hijau, dan minuman berenergi memiliki kandungan kafein tinggi yang dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan serta tidak menghidrasi tubuh sehingga dapat membuat kamu haus selama berpuasa.

Sedangkan, saat berbuka puasa sebaiknya kamu menghindari makanan dan minuman ini: 

  1. Minuman berkarbonasi. Hindari minuman olahan dan berkarbonasi seperti soda yang memiliki kandungan gula tinggi, sehingga dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. 
  2. Makanan tinggi gula seperti coklat dan permen harus dihindari karena memiliki kandungan yang gizi yang sedikit dan kalori yang tinggi, sehingga berpengaruh pada penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.
  3. Makanan berminyak atau gorengan seharusnya dihindari atau diminimalisir karena mengandung lemak. Mengonsumsi makanan berlemak setelah berjam-jam puasa dapat menyebabkan tingkat keasaman dan gangguan pencernaan. 

 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading