Sukses

Food

Tips Memasak Ayam Kampung Agar Empuk dalam Waktu Singkat

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, dibanding ayam broiler, mereka lebih menyukai ayam kampung. Meski ayam kampung memiliki tekstur yang lebih alot, umumnya ayam kampung memiliki cita rasa yang lebih gurih dan lezat. Ayam kampung juga memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit sehingga diklaim lebih menyehatkan. 

Memasak ayam kampung, memang memerlukan effort yang lebih besar. Kita harus pandai-pandai dalam memasaknya. Hal ini agar daging ayam jadi lebih empuk dan tak alot lagi. Tanpa panci presto, kita pun bisa memasak ayam kampung yang lebih empuk. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

Tambahkan Jahe

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menambahkan rempah jahe saat merebus ayam kampung. Selain bisa mengurangi aroma amis daging ayam, jahe juga bermanfaat untuk membuat daging ayam lebih empuk. 

Tambahkan Garam

Cara selanjutnya yakni menambahkan garam ke dalam air rebusan. Garam bermanfaat membuat cita rasa daging ayam lebih gurih sekaligus membantunya bertekstur lebih empuk. Garam yang ditambahkan ke dalam rebusan daging ayam, juga bisa mengurangi aroma amis pada daging ayam.

Potong Daging Ayam Sebelum Direbus

Sebelum merebus daging ayam yang hendak dimasak, sebaiknya potong-potong daging ayam. Pastikan juga daging ayam terendam air secara sempurna saat direbus. Jangan lupa untuk memasukkan daging ayam ke dalam air rebusan saat air telah mendidih. Ini akan membuat daging ayam lebih cepat empuk.

Metode 30 - 30 - 7

Gunakan metode merebus daging ayam 30 - 30 - 7. Artinya, rebus daging ayam di dalam air mendidih selama 30 menit, kemudian matikan kompor dan tutup panci selama 30 menit. Setelah itu, rebus lagi daging ayam selama 7 menit dengan keadaan panci tetap tertutup. Metode ini akan membantu menghasilkan daging ayam kampung yang empuk dan lembut.

Tambahkan Potongan Buah Nanas

Semakin tua usia ayam kampung, maka semakin alot dagingnya. Ini juga membutuhkan waktu perebusan daging ayam yang lebih lama. Jika kamu ingin merebus daging ayam dalam waktu singkat dan hasilnya empuk, kamu bisa menambahkan potongan buah nanas ke dalam rebusan daging ayam. Sama seperti saat merebus daging merah, cara ini juga bikin daging ayam kampung lebih cepat empuk.

Rebus Bersama Bumbu

Kamu juga bisa merebus ayam kampung bersama bumbu rempah. Ini bisa membuat daging ayam cepat empuk sekaligus membuat bumbunya meresap dengan baik. 

Jadi gimana nih Sahabat Fimela? Tertarik memasak daging ayam kampung di rumah? Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading