Sukses

Food

5 Tips Menggoreng Kerupuk Kulit Sapi agar Mengembang

Fimela.com, Jakarta Kerupuk kulit sapi punya rasa dan tekstur yang sangat khas. Kerupuk yang juga populer disebut kerupuk rambak atau dorokdok ini bisa jadi camilan. Cocok juga jadi pelengkap sajian menu yang berkuah.

Bagi yang ingin menyiapkan stok kerupuk kulit sapi di rumah, perlu memperhatikan beberapa tips menggoreng kerupuk kulit sapi berikut ini. Dengan tips-tips ini kita bisa menghasilkan kerupuk yang matang sempurna dan mengembang. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Siapkan Wajan yang Besar atau Lebar

Supaya kerupuk kulit sapi mengebang dan matang sempurna saat digoreng, gunakan wajan yang besar atau lebar. Bisa pakai wajan yang cekung bila ingin proses menggorengnya jadi lebih mudah. Wajan anti lengket juga bisa dipilih untuk menggoreng kerupuk, tapi sebisa mungkin pilih yang cukup tebal dan besar.

 

 

2. Gunakan Minyak yang Banyak

Siapkan juga minyak goreng yang banyak. Usahakan semua kerupuk dalam keadaan terendam dalam proses penggorengan. Kalau minyak goreng yang digunakan terlalu sedikit, nantinya kerupuk malah akan mengkerut saat digoreng. Selain itu minyak yang terlalu sedikit akan membuat kerupuk kulit sapi kurang matang sempurna. Jadi, untuk memastikan matangnya merata dan mengembang sempurna, gunakan minyak dalam cukup banyak.

 

 

3. Pastikan Minyak Benar-Benar Panas

Panaskan minyak di wajan dengan api sedang cenderung besar. Setelah minyak benar-benar panas, kerupuk kulit baru dimasukkan. Kalau kerupuk kulit dimasukkan saat minyak masih dingin nantinya tidak akan bisa mengembang sempurna.

 

 

4. Aduk Terus selama Proses Penggorengan

Selama proses penggorengan, aduk terus kerupuk kulitnya. Gunakan sutil atau penyaring untuk menyiram-nyiramkan minyak ke kerupuk. Usahakan seluruh permukaan kerupuk terkena minyak agar bisa mengembang maksimal. Biasanya setelah mengembang, kerupuk akan agaka mengambang atau mengapung.

5. Goreng Sampai Agak Kecoklatan

Ketika kerupuk mulai mengembang, tetap aduk terus. Ketika warnanya sudah agak kecoklatan, baru angkat dan tiriskan. Untuk mempertahankan teksturnya tetap renyah dan mengembang, kerupuk sebaiknya tidak langsung diangkat ketika baru mengembang. Melainkan aduk dulu beberapa saat baru diangkat.

Itu tadi lima tips menggoreng kerupuk kulit sapi yang bisa dicoba. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading