Sukses

Food

5 Cara Menggoreng Kerupuk Kulit agar Mengembang Tidak Kempis

Fimela.com, Jakarta kerupuk kulit atau disebut juga kruouk rambak dan dorokdok Membeli kerupuk kulit matang memang lebih praktis, tapi biasanya juga lebih mahal. Lebih enak jika membeli kerupuk kulit mentah dan digoreng sendiri di rumah karena bisa dapat lebih banyak dan bisa digoreng kapan pun sesuai keinginan.

Tapi seringkali orang gagal menggoreng kerupuk kulit karena kerupuk jadi kempis ketika diangkat dan tampilannya kurang menarik dan teksturnya lebih keras ketika diigigit.

Untuk mengatasinya, ini sekian cara yang bisa dilakukan agar kerupuk kulit tidak kempis dan tetap mengembang setelah diangkat dari minyak.

1. Wajan lebar dan besar

Gunakan wajan yang lebar dan besar untuk menggoreng kerupuk kulit karena kerupuk akan mengembang dan memenuhi permukaan wajan. Jika menggunakan wajan kecil, kerupuk tak akan punya ruang cukup untuk mengembang maksimal. Risikonya, kerupuk akan puret atau kecil-kecil.

2. Minyak yang banyak

Pastikan menggoreng kerupuk dengan minyak yang banyak. Faktor inilah yang menyebabkan kerupuk kulit selalu dijual dengan harga mahal, selain bahannya tidak murah, proses menggorengnya juga lumayan boros minyak. Namun jika minyaknya tidak banyak, kerupuk tak akan bisa mengembang. Pastikan kerupuk mentah tenggelam ke dalam minyak ketika pertama kali memasukkan.

3. Api sedang setelah panas

Untuk penggorengan pertama, gunakan api besar sehingga minyak benar-benar panas. Tes dengan memasukkan 1 potongan kerupuk, jika cepat mengembang, maka itu sudah cukup panas. Setelah itu, kecilkan apai menjadi sedang saja karena jika terlalu panas juga membuat kerupuk cepat gosong.

4. Aduk terus ketika menggoreng

Setelah memasukkan satu genggam kerupuk mentah ke dalam minyak, aduk-aduk terus kerupuk kulit ke samping dengan saringan penggorengan sehingga mudah mengembang dan matangnya merata. Perlahan-lahan kerupuk kulit akan tampak putih-putih mengembang, lakukan hingga benar-benar mengapung di permukaan.

5. Jangan langsung diangkat

Setelah mengembang cantik, jangan langsung diangkat. Goreng terus dengan cara disiram-siram minyak dan diaduk agar tidak kempis. Proses ini penting sekali dilakukan karena merupakan kunci utama kerupuk kulit tidak kempis setelah diangkat. Jika begitu mengembang langsung diangkat, kerupuk kulit yang gembul-gembul akan menyusut dan kempis.

Nah, itu dia sekian cara menggoreng kerupuk kulit agar tidak kempes dan tetap mengembang setelah digoreng.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading