Sukses

Food

Potensi Besar Cokelat Indonesia Bersaing di Pasar Global dan Pemberdayaan Petani Lokal, Pipiltin Cocoa Hadirkan Kreasi Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Momen Ramandan memang sudah identik dengan silaturahmi dan menjalin kehangatan bersama dengan keluarga, teman, sahabat, dan kerabat lainnya. Momen berkumpul dan makan bersama saat Lebaran serta membagikan hampers Ramadan juga sudah menjadi tradisi yang dilakukan umat muslim. 

Pipiltin Cocoa dengan olahan cokelat yang lezat dapat menjadi pilihan cemilan saat lebaran atau untuk menjadi hampers lebaran. Pipiltin Cocoa yang dijalani oleh Tissa Aunilla bersama adiknya Irvan Helmi, berdiri sejak 2013 dengan misi untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai negara penghasil cokelat yang beragam dan berkualitas. Selain itu, bisnisnya ini menjual berbagai cokelat yang berasal dari hasil olahan kakao asli Indonesia. 

Walaupun Indonesia dikenal sebagai daerah penghasil cokelat spesifik dengan biji kakao yang terdapat di berbagai pulau, tetapi nyatanya mencari produk olahan cokelat lokal di Indonesia menjadi hal yang masih sangat sulit untuk ditemukan. Hal tersebut, menjadi alasan Tissa mendirikannya Pipiltin Cocoa. Diawali dengan pencarian lebih dalam mengenai cokelat asal Indonesia, perlahan Tissa menciptakan hasil olahan cokelat dari rumahnya. Pada tahun 2011, Tissa juga sempat mengambil Master Chocolatier Certification di Swiss untuk memperdalam pengetahuannya mengenai cara memproduksi cokelat.

Kualitas cokelat asal Indonesia

“Menjalankan bisnis Pipiltin Cocoa ini diawali dari keinginan kami agar produk cokelat Indonesia dikenal di dunia. Potensi besar yang kami lihat khususnya dari petani lokal yang dapat menghasilkan keanekaragaman cokelat asal Indonesia dengan kualitas yang sangat baik tentunya butuh didukung dan diapresiasi. Bisnis ini menjadi wadah dan cara kami untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan komunitas petani biji kakao, dimana hingga saat ini bahan baku yang digunakan Pipiltin Cocoa berasal dari lebih dari 2.000 mitra petani lokal. Kami pun terus melakukan inovasi produk coklat beserta layanannya melalui riset pasar yang intensif agar Pipiltin terus berkembang dan mengikuti kemajuan zaman,” cerita Tissa Aunilla, Owner of Pipiltin Cocoa. 

Usaha yang dilakukan Tissa berhasil membawa produk cokelat lokal dari Pipiltin Cocoa dinikmati baik oleh masyarakat Indonesia maupun beberapa negara lainnya seperti Jepang, Singapura, dan negara lainnya. Namun, pandemi yang melanda membuat bisnisnya sempat tergerus karena fokus awalnya pada penjualan offline. Akhirnya Tissa memutuskan perubahan strategi penjual dan mengembangkan penjualan secara online melalui Shopee. 

Tissa bersama tim terus beradaptasi dengan perubahan yang ada seperti mempelajari berbagai hal tentang online business secara otodidak, baik operasional hingga marketing dengan bantuan edukasi dari tim Shopee. Kegigihan dan semangatnya, membuat Tissa dapat memanfaatkan program kampanye, fitur-fitur, hingga promosi yang ditawarkan Shopee untuk mengembangkan bisnisnya Pipiltin Cocoa, salah satunya kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang sedang berlangsung.

Pipiltin Cocoa bersama Shopee

Dalam mempromosikan produknya dengan jangkauan yang lebih luas, Pipiltin memanfaatkan fitur Shopee Live. Dengan menggunakan fitur tersebut, Tissa mendapatkan pengalaman yang sangat berbeda. 

“Berbagai fitur hingga rangkaian kampanye Shopee yang telah kami ikuti mampu mengantarkan Pipiltin Cocoa meraih pencapaian peningkatan penjualan yang signifikan hingga mencapai lebih dari 4 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Seperti gayung yang bersambut, misi utama Pipiltin Cocoa dalam memperkenalkan cokelat lokal dapat terealisasi dengan inovasi yang Shopee miliki, baik kampanye dan promo menarik sebagai daya tarik bagi konsumen hingga basis konsumen yang ada di seluruh Indonesia. Maka dari itu, kami tidak mau melewati momen kampanye Big Ramadan Sale yang Shopee miliki, karena kami juga melihat antusias yang tinggi akan produk Pipiltin Cocoa di saat bulan Ramadan tiba sebagai pilihan hampers maupun santapan di hari Lebaran. Lebih spesial lagi, pada kampanye Big Ramadan Sale kali ini kami menghadirkan diskon s/d 30% bagi para konsumen untuk dapat mencoba berbagai produk cokelat lokal dari Pipiltin Cocoa,” kata Tissa.

Dalam menyambut momen Lebaran, Pipiltin telah menyediakan beberapa koleksi hampers spesial yaitu Diversity Gift Box, Indonesia Gift Box, dan Joybox Hampers untuk memperkenalkan cokelat asal Indonesia yang tidak kalah lezat. Selain itu, olahan kue choco fudge brownie dan minuman iced chocolate juga dapat menjadi pelengkap momen silaturahmi. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading