Sukses

Food

5 Cara Mudah agar Daging Rendang Cepat Empuk

Fimela.com, Jakarta Sedang menyiapkan sajian rendang daging sapi untuk Lebaran? Rendang daging pastinya jadi menu favorit untuk dinikmati bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri. Untuk membuat rendang daging yang empuk, ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan.

Kalau selama ini sering gagal memasak rendang daging, coba siapkan dagingnya dengan cara berikut ini agar daging tidak alot ketika diolah. Selengkapnya, langsung saja simak tips dan cara-cara mudahnya berikut ini.

 

 

1. Bungkus Daging Sapi dengan Daun Pepaya

Siapkan daun pepaya. Remas-remas daun pepaya hingga keluar getahnya, lalu bungkus daging secara merata dengan daun pepaya tersebut. Diamkan dulu sekitar 30 menit sebelum dimasak atau dibumbui. Cara ini cocok untuk daging sapi yang akan diolah untuk rendang.

 

 

2. Baluri Daging Sapi dengan Nanas Parut

Siapkan buah nanas segar, lalu parut. Kemudian, baluri daging sapi dengan nanas parut. Diamkan selama sekitar 25 menit sebelum diolah jadi rendang. Daging yang dibaluri nanas parut bisa lebih cepat empuk saat dimasak.

 

 

3. Rebus Daging Sapi dengan Metode 5-30-7

Kalau daging rendang yang akan dimasak tidak terlalu banyak, bisa gunakan metode perebusan 5-30-7 ini. Jadi, rebus daging dengan air mendidih selama 5 menit. Matikan kompor, dan tutup panci. Biarkan daging di dalam air rebusan selama 30 menit. Setelah itu, nyalakan kompor lagi dan rebus kembali daging selama 7 menit.

 

 

4. Baluri Daging Sapi dengan Buah Pir Parut

Daging sapi bisa lebih dulu dibaluri dengan buah pir parut. Setelah dipotong-potong, daging sapi bisa dibaluri dengan buah pir parut. Kemudian, diamkan minimal 30 menit. Setelah itu, daging sapi bisa diolah dan dimasak rendang.

 

 

5. Taburi Daging Sapi dengan Baking Soda

Daging sapi yang akan dimasak rendang bisa lebih dulu ditaburi baking soda. Lalu, didiamkan semalaman. Ketika akan diolah atau dibumbui rendang, daging bisa dicuci dengan air mengalir lebih dulu. Baking soda bisa berfungsi untuk pengempuk daging yang cukup praktis.

Itu tadi lima tips dan cara yang bisa dicoba agar daging rendang cepat empuk. Selamat mencoba dan semoga infonya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading