Sukses

Food

7 Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Bisa Dijadikan Camilan

Fimela.com, Jakarta Bagi penderita diabetes, menjaga gula darah adalah hal penting. Saat jumlah glukosa berada dalam jumlah cukup, maka kemungkinan risiko komplikasi kesehatan akan menurun. Hal ini dapat diraih dengan mengelola stres, makan teratur, terhidrasi, olahraga, dan mengonsumsi obat khusus. Pada makanan, kandungan yang paling penting dikonsumsi penderita diabetes adalah protein, lemak sehat, dan karbohidrat.

Sayur adalah jenis makanan yang baik untuk menjaga kestabilan gula darah. Namun nyatanya terdapat jenis makanan lain dengan memiliki kandungan terbaik yang dibutuhkan untuk mengelola diabetes. Melansir dari Eating Well berikut penjelasannya.

1. Kacang

Kacang banyak direkomendasikan karena kandungan lemak sehat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Segenggam kacang bisa jadi camilan sehat setelah makan berat. Selain itu, selai kacang juga bisa jadi pilihan lain. Bila dipasangkan dengan karbohidrat maka dapat membantu penyerapan gula dari karbohidrat dan mencegah lonjakan gula.

2. Buah Beri

Beberapa jenis buah biasanya harus dihindari penderita diabetes. Namun tidak berlaku bagi buah beri. Buah manis yang kaya antioksidan ini aman dikonsumsi penderita diabetes. Buah beri dapat dicampur pada camilan untuk rasa manis tambahan.

3. Yogurt Rasa Original

Makanan serbaguna ini bisa membantu mengurangi dampak gula darah. Menambahkan yogurt plain pada makanan berkarbohidrat seperti smoothie, buah, atau oat dapat mengatasi glikemik makanan.

4. Buncis

Kandungan serat dan protein pada buncis tidak hanya mampu menyeimbangkan gula darah namun juga memberi rasa kenyang yang lama. Sayur ini bisa ditambahkan pada berbagai olahan makanan dan dijadikan hidangan berat.

5. Oat

Oat bisa jadi tambahan baik untuk menyeimbangkan gula darah. Gandum utuh yang kaya akan serat dapat menyehatkan usus dan mengurangi kadar kolesterol.

6. Chia Seeds

Bahan ini sangat populer untuk dikonsumsi saat diet. Mengandung omega 3, lemak nabati, dan protein membuat chia seeds juga cocok untuk penderita diabetes. Paduan lemak, protein, dan serat dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

7. Brokoli

Brokoli menjadi rekomendasi lainnya karena merupakan sayur nonstarki untuk meningkatkan kandungan nutrisi dan serat makanan. Dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, sayur ini wajib jadi menu andalan. Ditambah dengan kandungan vitamin C, magnesium, dan senyawa sulforaphane yang dapat menjaga kadar gula darah dan melindungi tubuh dari risiko kanker.

Itu dia jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Jangan lupa sertai olahraga rutin dan kelola stres agar kadar gula darah tetap stabil.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading