Sukses

Food

Resep Soto Tangkar Betawi, Citarasa Gurih Berempah Jadi Favorit Keluarga

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini, cuaca yang tak menentu membuat banyak orang lebih memilih menghabiskan waktu di rumah. Bikin suasana makin hangat, yuk mencoba meracik salah satu kuliner khas Betawi, soto tangkar. 

Sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tangkar sendiri berasal dari Bahasa Betawi yang artinya iga sapi. Dikenal memiliki citarasa gurih dan kaya rempah, hidangan berkuah ini dijamin bikin suasana rumah makin hangat. Tak perlu bingung mencari resepnya, salah satu seller ManisdanSedap.com, mamabee_homecooking, akan berbagi resep andalannya untuk dibuat di rumah.

Resep Soto Tangkar Khas Betawi by @mamabee_homecooking

Bahan:

500 gram Daging sapi bagian sengkel

500 gram Iga sapi

250 gram Kacang Merah

Bumbu Halus:

20 siung Bawang merah 

15 siung Bawang putih

8 butir Kemiri

1 jempol Jahe

1 batang Kunyit ukuran besar

8 buah Cabai merah besar (buang biji apabila tidak mau pedas)

1 sdm Ketumbar

1 sdt Jintan

1 butir Biji pala

Bahan Lainnya:

5 lbr Daun salam

4 lbr Daun jeruk

3 batang Serai, geprek

2 batang Kayu manis

5 butir Cengkeh

Garam, penyedap, gula dan merica sesuai selera

2 butir Kelapa untuk diambil santannya (bagi dua menjadi santan kental dan encer), bisa juga diganti 400 ml santan instan yang diencerkan dengan air 

Air secukupnya untuk merebus daging

Cara Memasak:

1. Rebus iga dan daging sapi sebentar untuk membersihkan darah dan kotoran. Buang airnya dan ganti dengan air yang baru. 

2. Tumis bumbu halus beserta bahan lainnya sampai harum, campurkan ke dalam panci berisi daging

3. Rebus kembali iga, daging, dan kacang merah dengan metode 10 menit rebus, diamkan 30 menit, rebus kembali 10 menit, dan diamkan kembali selama 30 menit. Penghitungan waktu diawali dari titik air mendidih dan panci harus tertutup rapat. Metode ini dapat menghemat gas dan mempercepat proses masak. Selain metode tersebut juga bisa digantikan dengan menggunakan panci presto.

4. Setelah daging empuk, potong daging sesuai selera dan masukkan kembali ke dalam panci. Tambahkan santan encer, aduk terus sampai santan panas. Tambahkan santan kental, aduk kembali sampai santan matang tapi tidak pecah.

5. Sajikan soto tangkar nasi hangat dan pelengkap, seperti tomat merah, bawang goreng, emping melinjo, daun bawang, sambal rawit, jeruk limau, hingga acar.

Bakal jadi hidangan rumahan favorit, bagi yang belum punya waktu untuk membuatnya sendiri bisa langsung berlangganan katering harian dari mamabee_homecooking. Jangan lupa juga untuk menjajal aneka bolu dan melted pie buatannya, yang siap bikin waktu keluarga makin berkesan.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading