Sukses

Food

5 Manfaat Mengonsumsi Air Lemon, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Setiap hari kita harus mengonsumsi air sebanyak 2 liter atau 230 ml untuk menjaga hidrasi tubuh. Namun terkadang mengonsumsi air putih akan membuat banyak orang bosan dan beralih ke minuman kemasan dengan perasa. Hal ini karena rasa manis, asam, dan lainnya lebih menyenangkan di mulut dan tidak membosankan untuk dikonsumsi. Sayangnya air kemasan tidaklah sehat untuk tubuh. Ada cara lain untuk membuat kewajiban minum air menyenangkan, salah satunya menambahkan buah lemon.

Lemon terkenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya mencukupi kebutuhan cairan dan hidrasi tubuh, mengonsumsi air lemon juga dapat memberi manfaat lain untuk kesehatan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Mendukung Penurunan Berat Badan

Melansir dari Health Line minum air lemon dapat membantu meningkatkan asupan air dan sering direkomendasikan sebagai strategi penurunan berat badan. Studi menemukan mengonsumsi air sebelum makan dapat membuat perut kenyang meski tidak banyak makan. Hal ini termasuk pada konsumsi air lemon yang dinyatakan rendah kalori dan memberi rasa kenyang lebih lama.

2. Membuat Kulit Awet Muda

Dalam perawatan kulit, vitamin C mampu untuk merangsang kolagen, menangkal kerusakan akibat radikal bebas, mengatasi garis halus, dan menghidrasi sel kulit. Mengonsumsi air lemon memiliki efek yang serupa. Selain bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin C dalam air lemon dapat membantu memproduksi kolagen secara alami.

3. Alternatif Minuman Manis

Minuman dengan pemanis tambahan seperti jus buah, soda, atau minuman kemasan lain tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air lemon sebagai minuman pengganti. Selain mengurangi gula tambahan, air lemon juga tidak memiliki efek menimbulkan penyakit kronis.

4. Meningkatkan Hidrasi

Mengonsumsi air putih terasa membosankan bagi beberapa orang. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menambahkan potongan lemon pada air minum. Tak hanya memberi rasa asam yang segar, air lemon dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan sehingga tubuh tidak akan dehidrasi. Selain itu rajin mengonsumsi air akan menghindari penyakit batu ginjal dan sembelit.

5. Membantu Tubuh Menyerap Lebih Banyak Zat Besi

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mengurangi risiko anemia. Sayangnya beberapa orang lebih sulit menyerap zat besi. Kondisi ini bisa ditangani dengan menggabungkan makanan kaya zat besi dan sumber vitamin C seperti air lemon.

Mengonsumsi air lemon memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang asam akan memberi sensasi yang menyegarkan tubuh. Imbangi dengan konsumsi makanan sehat lain agar kondisi tubuh bugar dan berstamina.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading