Sukses

Food

Putri Habibie Kenalkan Kembali Masakan Gorontalo yang Kerap Dihidangkan Keluarga Habibie

Fimela.com, Jakarta Terinspirasi oleh kekayaan rasa kuliner dari kampung halamannya, Gorontalo, passionate homecook Putri Habibie terpanggil untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan kekayaan kuliner nusantara.

Membawa misi mendorong semangat cinta kuliner nasional, dengan payung “SelebrasiRASA Gorontalo” dan serangkaian acara pendukung, di mana Putri memperkenalkan ragam kuliner khas Gorontalo, yang berlangsung di RA Suites Simatupang, Jakarta Selatan.

Dalam langkah pertama di kampanye “SelebrasiRASA: Gorontalo” ini, Putri Habibie ditemani oleh Mahalmer Katili, seorang kreator konten yang juga merupakan seorang putra Gorontalo, yang akan memperkenalkan hidangan khas Gorontalo yang diracik dengan resep turun temurun dari tiga keluarga asal Gorontalo, yakni Habibie, Uno, dan Katili.

Melalui acara pengenalan ragam kuliner khas Gorontalo ini, Putri Habibie menyajikan Binte Biluhuta khas keluarga Habibie, Tabu Moitomo atau Kuah Bugis khas keluarga Katili, dan Sup Ilahe khas keluarga Uno.

Puncak dari kampanye “SelebrasiRASA: Gorontalo” kali ini adalah peluncuran buku digital “Kumpulan Resep Rumahan Keluarga Gorontalo” berisi sekumpulan resep andalan keluarga-keluarga Gorontalo yang nantinya dapat diunduh secara gratis. Resep-resep yang berasal dari buku tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya UMKM baru yang mengangkat konsep kuliner Gorontalo yang lezat dan sarat akan gizi.

Terkenal dengan olahan ikan

Kecintaan Putri terhadap kuliner Gorontalo ia dapatkan dari sajian yang sering dihidangkan oleh keluarga Habibie setiap kumpul keluarga.

“Sejak kepergiannya, aku mengingat pesan dari (alm.) Eyang B.J. Habibie yang dulu menyemangatiku untuk memperkenalkan kekayaan khas kuliner Gorontalo, kampung halaman Eyang,” ungkap Putri.

Gorontalo, yang terletak di bagian utara pulau Sulawesi, terkenal dengan sajian khas olahan ikan—baik ikan air tawar maupun ikan laut. Sebagai salah satu wilayah tertua di pulau Sulawesi, letak Gorontalo yang strategis—di antara Laut Tiongkok Selatan dan Teluk Tomini—menjadikannya jalur strategis pelayaran pada masa lalu.

Diharapkan tercipta UMKM baru

Darah Gorontalo juga mengalir pada diri Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Meskipun lahir dan besar di Riau, Sandiaga mewarisi darah Gorontalo dari sang ayah, Razif Halik Uno.

“Melalui acara ini dapat membangkitkan semangat dalam mengangkat potensi parekraf termasuk UMKM, melestarikan budaya dan cita rasa kuliner daerah, khususnya Gorontalo, serta memberikan dampak positif bagi perekonomian indonesia. Mari bersama kita kenalkan dan promosikan ragam kuliner kesayangan kita semua, Gorontalo, seperti Binte Biluhuta dan banyak lagi,” ucap Sandiaga.

Mahalmer Katili, yang juga merupakan seorang health enthusiast turut menambahkan bahwa kuliner Gorontalo tidak hanya lezat dan beragam, namun juga sarat akan gizi untuk memenuhi nutrisi harian seseorang.

“Binte Biluhuta yang di dalamnya sudah terkandung gizi karbohidrat dari jagung, protein dari udang dan ikan, dan vitamin dari sayur mayur dan rempah yang digunakan menjadikan Binte Biluhuta makanan yang sangat sehat dikonsumsi warga indonesia, ujar Mahalmer.

Dengan hadirnya kampanye “SelebrasiRASA: Gorontalo” diharapkan masyarakat lebih mengenal dan dapat menikmati kuliner khas Gorontalo yang begitu kaya akan budaya dan rasa, diikuti dengan terciptanya UMKM baru yang mengusung konsep kuliner Gorontalo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading