Sukses

Food

Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Wortel menjadi salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi beragam masakan lezat pun menggugah selera. Wortel juga menjadi salah satu sayuran dengan nutrisi yang beragam di dalamnya. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mendapat manfaat mengagumkan dari wortel. 

Mengingat nutrisinya yang begitu menakjubkan sekaligus rasa dan teksturnya yang digemari, tak sedikit orang membeli wortel dalam jumlah banyak sebagai persediaan sehari-hari. Sayang, wortel akan rentan busuk atau kering jika tidak disimpan dengan cara yang tepat. Jika kamu membeli wortel banyak dan ingin menyimpannya, pastikan untuk menyimpan dengan cara yang tepat. 

Berikut beberapa cara untuk menyimpan wortel agar lebih tahan lama dan tetap segar.

Buang Batang dan Daun Wortel

Sebelum menyimpan wortel, buang batang dan daunnya. Batang dan daun wortel yang ikut disimpan, rentan bikin wortel cepat busuk. Meski batang dan daun dibuang, hindari mencuci wortel sebelum disimpan. Biasanya, wortel sudah dalam keadaan bersih. Kamu hanya perlu mencuci wortel setelah keluar dari penyimpanan atau sebelum dimasak.

Bungkus dengan Plastik

Sebelum wortel masuk ke dalam kulkas, alangkah baiknya jika wortel dimasukkan ke dalam bungkus plastik terlebih dahulu. Ini bermanfaat menjaga kesegaran wortel. Ini juga memungkinkan wortel terhindar dari masalah busuk saat kamu ingin menyimpannya dalam waktu lama berhari-hari. 

Simpan di Wadah Beralaskan Kertas

Wortel yang disimpan di dalam plastik masih rentan busuk apalagi jika plastik berembun terkena air. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menyimpan wortel di dalam wadah kedap udara yang dilapisi kertas. Masukkan ke dalam kulkas dan pilih ruang yang paling dingin. Cara ini bisa membuat wortel bertahan lebih dari satu minggu. Hindari menyimpan wortel tanpa bungkus langsung di dalam kulkas. Ini justru membuat wortel layu dan busuk. 

Simpan di Dalam Freezer

Jika ingin wortel tahan lebih dari satu bulan, sebaiknya simpan wortel di dalam freezer. Simpan di wadah terpisah dari bahan makanan lain. Jika jumlah wortel sangat banyak, simpan di beberapa wadah sesuai kebutuhan setiap harinya. Wortel yang disimpan di freezer bisa bertahan setidaknya sampai dua bulan. 

Itulah sekian cara mudah untuk menyimpan wortel agar tahan lebih lama. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading