Sukses

Food

Tips Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tidak Bau

Fimela.com, Jakarta Lidah sapi bisa diolah jadi ragam masakan dan makanan yang sedap. Sebelum dibumbui atau diolah, lidah sapi bisa direbus lebih dulu agar empuk. Selain itu agar tidak berbau, dalam proses perebusan ada sejumlah bahan rempah yag bisa ditambahkan.

Berikut ini tips memasak lidah sapi yang bisa langsung dicoba di rumah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Bersihkan Lidah Sapi dengan Garam

 

Lidah sapi biasanya memiliki bagian tengah yang keras. Sebelum direbus, coba kerat dulu bagian lidah sapi yang keras. Lalu beri sedikit garam. Gosok-gosok permukaannya dengan garam sampai rata. Setelah itu, cuci dan bilas dengan air mengalir.

 

 

2. Siapkan Bumbu Aromatik

Untuk menghilangkan bau tak sedap lidah sapi bisa siapkan bumbu aromatik. Bumbu aromatik yang bisa dipakai antara lain daun pandan, serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Bisa juga ditambah jahe secukupnya. Dengan penambahan bumbu aromatik ini, lidah sapi nantinya yang direbus akan bebas dari bau amis.

 

 

3. Rebus Lidah Sapi Selama 15 Menit

Didihkan air denan bumbu aromaik. Lalu masukkan lidah sapi. Rebus selama sekitar 15 menit. Setelah direbus 15 menit, keluarkan lidah sapi lalu lepaskan bagian kuliat luarnya dengan menariknya dari ujung keratan. Bisa juga dikerik dengan bantuan pisau.

 

 

4. Rebus Kembali selama 30 Menit

Setelah kulit luarnya dilepaskan, lidah sapi bisa direbus kembali selama sekitar 30 menit. Lidah sapi yang empuk kemudian bisa dibumbui atau diolah sesuai selera.

Itu tadi tips memasak lidah sapi agar empuk dan tidak berbau. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading