Sukses

Food

5 Tips Masakan Bersantan Lebih Sehat dan Rendah Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang, masakan santan merupakan makanan yang wajib ada di meja makan setiap harinya. Biasanya, mereka yang suka dengan masakan bersantan adalah para pria atau suami dan ayah Sahabat Fimela di rumah. Selain lebih lezat, masakan santan juga mengandung banyak kalori sehingga bikin seseorang makin berenergi. 

Meski sangat lezat, masakan santan yang identik dengan anggapan kolesterol tinggi, membuatnya sering dihindari untuk dikonsumsi. Padahal nih, faktanya santan non kolesterol. Selama kita memasak masakan bersantan dengan tepat, ini akan membuatnya tetap rendah kolesterol dan lebih sehat. 

Berikut tips masakan bersantan yang lebih sehat dan rendah kolesterol.

Hindari Memasak Sampai Mendidih

Sebaiknya, hindari memasak masakan bersantan sampai mendidih. Jika ingin masakan bersantan, gunakan santan dari kelapa murni yang diparut dan diperas dengan air matang. Semakin lama kamu memasak masakan bersantan dengan suhu tinggi, ini yang bisa berbahaya dan meningkatkan kadar kolesterolnya. 

Masak Sebentar Saja

Seperti penjelasan di atas, memasak masakan bersantan dalam waktu lama dengan suhu terlalu tinggi, ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dan lemaknya. Sebaiknya, masak masakan bersantan dalam waktu sebentar saja. Kamu cukup memasaknya tak lebih dari tiga menit. Untuk itu, perlu diingat gunakan santan dari kelapa parut yang diperas dengan air matang. 

Hindari Memasaknya dengan Bahan Makanan Berkolesterol Tinggi

Daging dan sejenis adalah bahan makanan yang tinggi kolesterol. Sebaiknya hindari memasaknya dengan santan. Memasak bahan makanan tinggi kolesterol dengan santan, akan membuat masakan tersebut semakin tinggi kolesterolnya. Ini juga memungkinkan masakan tersebut lebih tinggi lemak. 

Ganti Santan dengan Bahan Lain

Kamu bisa mendapatkan cita rasa gurih santan dari bahan lain. Gantilah santan dengan susu, kemiri atau kacang almond untuk dapatkan masakan bercita rasa santan yang lebih sehat.

Jangan Memanaskan Berulang Kali

Masakan bersantan yang dipanaskan berulang kali memang akan memiliki cita rasa lebih lezat pun nikmat. Sayangnya, masakan ini cenderung mengandung kolesterol dan lemak yang lebih tinggi. Hindari memasak masakan bersantan berulang kali untuk dapatkan masakan bersantan yang lebih sehat. 

Itulah sekian tips agar masakan bersantan lebih sehat. Semoga tips ini bermanfaat. Yuk Sahabat Fimela, lebih bijak dalam membuat masakan yang lezat pun sehat untuk diri sendiri serta keluarga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading