Sukses

Food

5 Tips Ayam Goreng Empuk dan Gurih, Tidak Amis dan Alot

Fimela.com, Jakarta Memasak bahan makanan apa pun terkadang memang butuh keterampilan tersendiri agar bisa menghasilkan rasa yang enak, termasuk masak ayam goreng yang sekilas dianggap gampang. Beberapa orang tetap butuh tips membuat ayam goreng empuk dan gurih. Ini dia beberapa tips ayam goreng yang bisa dicoba di rumah agar empuk dan gurih.

1. Bersihkan hingga tidak amis

Baik menggunakan ayam potong atau pun ayam kampung, jangan hanya dibilas bersih dari darah dan kotorannya, tapi beri kucuran jeruk nipis atau cuka untuk menghilangkan bau khasnya. Terkadang beberapa orang merendam daging ayam dengan susu untuk menghilangkan baunya, tapi karena mahal, alternatif terbaiknya memang menggunakan jeruk lemon dan nipis.

2. Tidak pelit bumbu

Saat akan membumbui ayam, pastikan tidak pelit bumbu. Bumbu berperan penting menentukan seberap gurih dan enak ayam goreng yang dimasak. Gunakan rempah-rempah yang memberikan rasa gurih sekaligus membantu menghilangkan aroma khas ayam seperti bawang putih, kunyit, ketumbar dan jahe. Ulek halus dan marinasi, atau diamkan ayam terendam di dalam bumbu selama beberapa jam (bisa semalam juga) sebelum menggorengnya agar meresap ke dalam daging ayam.

3. Ungkep atau presto

Jika tak punya waktu untuk marinasi ayam hingga berjam-jam, bisa juga langsung diolah dengan cara dimasak ungkep atau presto. Kedua proses pemasakan ini membantu membuat bumbu meresap ke dalam ayam sekaligus mengempukkan ayam, hanya saja waktunya berbeda. Jika ingin cepat matang empuk, gunakan panci presto untuk mengungkep ayam. Proses pengempukannya lebih cepat, cocok buat yang tak punya waktu lama untuk memasak. Memasaknya pun bisa langsung dalam porsi beras jika menggunakan panci presto.

4. Goreng ketika minyak sudah panas

Jika sudah diungkep atau dipresto, tiriskan dulu ayamnya dari air, lemak dan bumbu. Panaskany minyak agak banyak, sekiranya hingga ayam bisa tenggelam agar matangnya merata dan warnanya lebih cantik. Jika minyak sudah benar-benar panas, baru masukkan ayam ke dalam wajan. Jika dimasukkan ketika minyak belum panas, ayam rentan menyerap minyak dan bagian dalamnya kering.

5. Gunakan api sedang

Masih berhubungan dengan poin keempat di atas, penggunaan suhu api saat menggoreng juga perlu diperhatikan. Di awal memanaskan minyak sebaiknya menggunakan api besar sehingga minyak benar-benar panas. Setelah ayam dimasukkan, segera kecilkan api ke suhu sedang atau bahkan kecil, karena cara ini berguna membuat bagian luar ayam renyah dan krispi sedangkan bagian dalamnya tetap lembut dan juicy.

Itu dia sekian tips ayam goreng empuk dan gurih.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading