Sukses

Food

Tips Agar Bawang Tidak Pahit Saat Dimasak

Fimela.com, Jakarta Saat memasak, bawang putih maupun bawang merah menjadi bumbu wajib. Kedua bawang ini akan selalu ada di setiap masakan. Selain memberikan aroma yang makin menggugah selera pada setiap masakan, bawang juga memberikan sentuhan rasa yang membuat masakan makin nikmat pun lezat. 

Sayangnya, cara memasak bawang yang tidak tepat, ini rentan membuat bawang bercita rasa pahit. Ini juga bikin setiap masakan memiliki cita rasa yang unik atau bahkan aneh. Biasanya, cita rasa bawang yang pahit berasal dari bawang yang digoreng namun gosong. Tak hanya berlaku pada bawang putih, bawang merah yang gosong dan terlalu matang juga rentan pahit. 

Lantas, bagaimana tips agar bawang tidak pahit saat dimasak? Mari simak tipsnya di sini.

Pilih Bawang dengan Kualitas Bagus

Sebaiknya, pilih bawang dengan kualitas bagus untuk bumbu setiap masakan. Pastikan pilih bawang yang masih segar, tidak busuk atau tidak kering. 

Kupas dan Iris Bawang

Tips selanjutnya kupas bawang, cuci bersih dan iris tipis. Ini berlaku pada bawang yang hendak digoreng. Untuk bawang goreng, usahakan agar mengiris dengan ketebalan yang rata. Ketebalan bawang yang berbeda-beda, rentan membuat sebagian mudah gosong dan sebagian lagi lembek. 

Gunakan Garam

Bawang yang sudah diiris dan hendak ditumis atau digoreng, campur dengan satu sendok garam. Remas-remas pelan kemudian diamkan. Cuci bersih kembali bawang putih dan tiriskan. 

Pemilihan Wajan

Untuk mamasak dengan wajan, sebaiknya pilih wajan yang cukup tebal. Ini akan membuat panas di wajan merata. Wajan yang terlalu tipis, rentan bikin bawang putih yang digoreng atau ditumis cepat gosong. Apalagi jika kamu tidak telaten mengaduk dan menjaga kestabilan panas api.

Masukkan Bawang ke dalam Minyak atau Air yang Sudah Panas

Untuk mencegah bawang berasa pahit, saat memasaknya baik dengan cara digoreng, ditumis atau direbus, masukkan ke dalam minyak dan air yang telah panas. Hindari memasukkan bawang ke dalam minyak atau air yang masih dingin. Ini rentan membuat cita rasa bawang pahit pun getir. 

Aduk dan Perhatikan Durasi Memasak

Tips ini juga cukup penting untuk dilakukan. Aduk bawang putih yang dimasak dengan cepat dan terus menerus. Bawang putih yang jarang diaduk, akan membuatnya rentan memiliki cita rasa pahit karena mudah gosong. Perhatikan juga durasi memasak. Hindari memasak terlalu lama. Semakin lama kamu memasak bawang, ini tidak hanya bikin bawang berasa pahit, tapi juga bikin aroma wangi bawang hilang. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memasak bawang agar tidak pahit. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading