Sukses

Food

5 Tips Sederhana Agar Brownies Kukus Tetap Lembut dan Basah

Fimela.com, Jakarta Kue brownies menjadi salah satu camilan yang disukai oleh semua orang. Borwnies kukus juga menjadi makanan yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Meski begitu, makanan ini sebaiknya dibuat dengan cara yang benar-benar tepat. Ketika kita salah langkah dalam membuat brownies, tak jarang hal ini bikin brownies yang dihasilkan keras, bantat dan kering. 

Untuk mendapatkan brownies kukus yang lembut dan basah, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Simak baik-baik tipsnya di bawah ini. 

Perhatikan Kualitas Telur

Pastikan untuk menggunakan telur dengan kualitas yang benar-benar bagus. Telur yang digunakan bisa berupa telur kampung atau telur ayam negeri. Kualitas telur, akan berpengaruh besar pada kelembutan brownies. Saat mengocok telur, sebaiknya kocok hingga benar-benar lembut dan mengembang.

Hindari Menggunakan Cokelat yang Tidak Terlalu Panas

Kunci membuat brownies yang lembut selanjutnya adalah, gunakan cokelat leleh yang tak terlalu panas. Setelah melelehkan cokelat, diamkan cokelat beberapa saat hingga cukup dingin. Setelahnya, kamu bisa mencampur cokelat dengan bahan lainnya. 

Untuk penggunaan cokelat, pastikan menggunakan cokelat dengan kualitas bagus. Sama seperti telur, kualitas cokelat juga berpengaruh besar pada kelembutan brownies. Tak hanya itu saja, cokelat juga berpengaruh pada cita rasa brownies. 

Gunakan Emulsifier

Secara umum kita bisa menemukan tiga jenis cake emulsifier yang biasa digunakan dalam pembuatan kue. Emulsifier ini berupa SP, TBM dan ovalet. Jika kamu ingin membuat brownies lembut dan basah, jangan lupa untuk menambahkan emulsifier. Cari resep brownies dengan takaran adonan yang tepat untuk satu dengan lainnya. 

Hindari Menggunakan Bahan Tambahan

Mungkin brownies akan tampak menarik dengan bahan tambahan yang melimpah seperti kacang, meses, marsmellow dan sejenisnya. Namun, menggunakan terlalu banyak bahan tambahan hanya akan bikin brownies keras. Sebaiknya, minimalkan penggunakan bahan tambahan ke dalam adonan brownies yang hendak dikukus. Jika ingin menggunakan bahan tambahan, gunakan setelah brownies matang dan hendak disajikan. 

Gunakan Loyang dengan Ukuran Tepat

Pastikan untuk mengukus brownies dalam loyang dengan ukuran yang tepat. Standar umum ukuran loyang untuk brownies dengan ketebalan tepat adalah 20 - 23 cm. Dengan ukuran loyang yang tepat, brownies tak hanya lembut dan basah tetapi juga matang merata.

Itulah sekian tips agar brownies kukus lebih lembut dan basah. Sajian brownies akan semakin nikmat bersama teh hangat atau kopi pahit panas. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading