Sukses

Food

7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Bawang putih kerap dijadikan bumbu dalam masakan. Bawang putih bisa jadi bumbu yang menambahkan rasa sedap pada makanan. Hampir semua makanan menggunakan bumbu bawang putih ini.

Selain bermanfaat untuk masakan, ternyata bawang putih punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, sel darah merah dapat mengubah kandungan sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Tak hanya baik untuk jantung, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung.

3. Mencegah Kanker

Bawang putih diketahui mengandung senyawa allicin yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antikanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko terjadinya kanker lambung dan meredakan gejala berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, dan kanker pankreas.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas bawang putih dalam mencegah kanker.

4. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Sebuah riset menunjukkan bahwa suplemen bawang putih dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh dan mengatasi tekanan darah tinggi.

6. Mencegah Pilek

Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dipercaya dapat mencegah pilek. Studi menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih, lebih jarang mengalami pilek dan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Namun, manfaat bawang putih untuk mencegah pilek ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

7. Mengatasi Kerontokan

Bawang putih mengandung zat sulfur dengan keratin yang tinggi sehingga mampu membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Apalagi kalau kamu punya masalah alopecia atau kebotakan maka bisa mengonsumsi bawang putih mentah untuk mengatasinya.

Itulah 7 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Jadi bawang putih tak hanya bermanfaat untuk bumbu dapur saja tapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading