Sukses

Health

5 Tips Mengatasi Batuk dengan Bawang Putih, Obat Alami di Rumah

Fimela.com, Jakarta Bawang putih mungkin selama ini hanya dikenal sebagai bumbu dapur, padahal sebenarnya punya khasiat kuat dalam menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah batuk. Bawang putih mentah memiliki kandungan antibiotik alami dan senyawa belerang/sulfur yang mampu membantu melawan virus penyebab batuk. Bawang putih juga tinggi vitamin C dan antioksidan sehingga membantu mempercepat kesembuhan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin mengatasi batuk dengan bawang putih, ini dia tips yang bisa dicoba.

1. Diparut dan dicampur madu

Siapkan 1 cangkir air hangat, 2 siung bawang putih, dan 1-2 sendok makan madu organik. Parut bawang putih lalu campurkan dengan air dan madu. Aduk semua bahan jadi satu dan minum sebelum tidur. Sifat antibakteri dari bahan-bahan ini memungkinkan mereka untuk melawan infeksi.

2. Direbus dengan jahe

Bawang putih bisa juga dikombinasikan jahe, bahan alami yang sama-sama memiliki efek antibiotik, antivirus dan mempercepat penyembuhan penyakit. Cukup geprek dan iris tipis jahe dan bawang secukupnya, lalu rebus sebentar dengan 1-2 cangkir air, jika dirasa aromanya sudah keluar, angkat lalu saring airnya, minum dengan sedikit perasan jeruk lemon dan madu.

3. Diseduh dengan teh

Bawang putih juga bisa diseduh dengan teh hijau atau teh hitam yang mengandung antioksidan tinggi. Cukup iris tipis 2 siung bawang putih, masukkan ke dalam teko bersama teh hijau/hitam. Tuang air panas dan tunggu selama 2-3 menit atau hingga tehnya jadi, saring dan nikmati dengan madu atau sedikit gula.

4. Diblender dengan buah

Rasa bawang putih mentah mungkin tidak enak disantap tapi bia disamarkan jika dicampur denganbuah-buahan. Beberapa buah sangat baik untuk membantu mempercepat penyembuhan batuk misalnya buah nanas dan apel. Ambil buah nanas dan apel secukupnya, lalu tambahkan 1 siung bawang putih, blender hingga halus, minum dalam keadaan dingin agar lebih segar dan menyamarkan rasa bawang.

5. Diulek jadi sambal

Tidak harus diminum dengan cara seperti empat tips sebelumnya jika kamu merasa kurang nyaman. Bawang putih memang khas dengan rasa gurih, jadi jika ingin mengobati batuk secara alami, coba ulek dengan layaknya membuat sambal. Tapi ketahui batasan toleransi pedas yang bisa kamu tahan, kurangi cabai rawit dan perbanyak cabai merah besar. Beberapa orang tak boleh makan pedas saat batuk. Hindari pula menggunakan minyak. Buat sambal bawang tanpa dituang minyak, rasanya tetap enak karena rasa gurih alami dari garam dan bawang. Santap dengan nasi dan sayur rebus.

Itu dia sekian tips mengatasi batuk dengan bawang putih yang bisa dicoba di rumah.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading